Cara Update Samsung keyboard ke Versi Terbaru di Galaxy A5 2016 - Rooted

Keyboard, siapa yang gek pernah instal software tersebut, semua orang pasti menggunakan software sakral tersebut kan? sejujurnya saya sangat suka dengan Google keyboard, alias Gboard, dengan banyak fitur didalamnya membuat saya betah menggunakan keyboard tersebut, namun bagi sebuah brand, jika ia mengeluarkan software khusus dari brand tersebut, tentu saja akan ada peningkatan dan pengoptimalan dengan softwarenya. Contohnya IOS di perangkat Iphone.



Dan berbicara samsung, dia mengeluarkan banyak sekali software, termasuk keyboard, bagi perangkat lama, seperti Galaxy A5 2016, keyboard bawaannya masih dalam versi 2.1 yang mana secara default itu adalah versi terbaru, namun dengan sedikit trik, maka kita bisa meningkatkan ke versi 3 yang menurut saya lebih bagus lagi.


Catatan : Saya anggap teman teman siap dengan segala resiko yang akan diterima, baik itu error, bootloop system break, atau lainnya, dan saya rekomendasikan untuk backup data terlebih dahulu. Tutorial ini akan saya persingkat, dan saya anggap teman teman sudah paham dengan system android.

Langsung aja, berikut langkahnya :
  • Pastikan device kalian telah dalam mode Root / super user.
  • Download File Samsung Keyboard.apk disini : ApkMirror (seusiakan dengan versi android kalian).
  • jika sudah selesai, kalian masuk ke ADB Shell (tutorialnya sama dengan Cara Menghapus Bloatware di Android Tanpa Root )
  • Didalam adb shell, pastikan kalian masuk sebagai superuser, dengan mengetikan su di cmd.

  • setelah itu Mount directory system agar kalian bisa melakukan Read and Write dengan cara mengetikan " mount -o rw,remount /system ".
  • Selanjutnya copy folder " /system/app/SamsungIMEv5 " ke " /system/storage/namasdcardkalian " dengan perintah " cp -r /system/app/SamsungIMEv5/ /storage/namasdcardkalian/ "
  • Selanjutnya masukan file apk yang telah didownload tadi kedalam folder yang baru saja kalian copy, dan replace file lama dengan yang baru, sesuaikan namanya.
  • Jika sudah selesai, dan sudah siap, kalian copykan kembali folder barusan kedalam "/system/app/SamsungIMEv5".
  • setelah itu restart handphone kalian, dan kalian akan mendapatkan versi terbaru dari samsung keyboard.
Mudah sekali bukan, mohon maaf jika gambar dan screenshotnya kurang, dan semoga tutorial ini bermanfaat bagi kawan kawan yang ingin ngulik system android lebih dalam lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel