Cara Instal Android Oreo di Samsung Galaxy A5 2016

Seperti yang kita ketahui, bahwa Samsung Galaxy A5 2016 sudah tidak akan mendapatkan update dari Samsung untuk sistem operasinya, hal ini dikarenakan Samsung Galaxy A5 2016 sudah mendapatkan dua major update, yaitu Marshmallow dan Nougat, namun perlu diketahui masih banyak orang yang setia dan masih menggunakan samsung galaxy a5 2016, termasuk saya pribadi. 



Meski smartphone lain sudah mendapatkan update android O bahkan sekarang sudah banyak yang mendapatkan android P, samsung galaxy a5 2016 hanya stuck di android N.

Bagaimana sih caranya Upgrade ke android oreo?, secara resmi memang Samsung Galaxy A5 2016 tidak akan mendapatkan update tersebut, namun diluar sana masih banyak yang mengembangkan sistem operasi untuk device ini guys, atau biasanya kita sebut dengan custom rom, jika kalian ingin banget merasakan dan menggunakan sistem operasi android oreo, berikut adalah beberapa custom rom yang saya rekomendasikan untuk diinstal diperangkat kalian, karena sudah dalam status stable dan minim bug.















Dua rom diatas adalah yang paling saya rekomendasikan karena sudah dalam status stable dan minim bug. (Baca juga : Custom ROM Terbaik Untuk Samsung Galaxy A5 2016 - xda developer)

Jika kalian tertarik untuk mencoba Custom ROM ini, silahkan lakukan tutorial berikut untuk Cara Instal Android Oreo di Samsung Galaxy A5 2016.
Pastikan kalian siap dengan segala resiko yang akan terjadi, dan pastikan juga seluruh data telah dibackup.

  • Pastikan battery dalam keadaan minimal 50%.
  • Download Custom ROM (dotOS ROM 2.5 / Ressurection Remix RR 6.2) dan simpan di SDcard.
  • Instal TWRP di Samsung Galaxy A5 2016 (Tutorialnya bisa baca disini : Cara Instal TWRP di Samsung Galaxy A5 2016
  • Setelah kalian instal TWRP masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol (Home + Volume up + Power).
  • Didalam Recovery Mode kalian klik pada pilihan Instal, dan masukan file zip custom  yang telah didownload tadi, dan instal.
  • Proses instalasi akan berjalan, dan biarkan sampai selesai, jika ada pengaturan yang harus dilakukan tinggal diikuti saja.
  • Setelah selesai, kalian reboot device kalian, biasanya setelah device direboot akan sedikit lama, jadi bersabarlah.
  • Setelah selesai di reboot, maka perangkat kalian sudah siap untuk digunakan, silahkan setup dulu akun dan hal lainnya, dan coba masuk ke about device maka disana akan terpampang android kalian sudah ke versi 8.1 oreo.
Cara ini sudah saya coba dan praktekan sendiri, dan berhasil.

Kesimpulannya :
Jika kalian ingin menggunakan Android Oreo di Samsung Galaxy A5 2016 maka mau gak mau kalian harus melakukan instalasi custom rom seperti cara diatas, namun jika kalian ingin bermain aman di Sistem Operasi Nougat, maka cara diatas gak perlu kalian lakukan. Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan custom rom diatas, performa menjadi meningkat, dan pengalaman selama menggunakan device menjadi lebih seru, karena unik aja gitu pake OS yang beda sama yang lain.

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Cara Instal Android Oreo di Samsung Galaxy A5 2016"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel