Cara Ganti Template Blog Untuk Blogger Pemula

Pernah gak kalian merasa bosan akan tampilan blog kalian yang gitu gitu aja, sedangkan tidak ada banyak pilihan tema yang diberikan blogger secara default. Namun ketika kalian mencari beberapa tema dan template diluar sana ternyata ada banyak banget yang keren dan bagus.

Kebanyakan Blogger Pemula akan mengganti template dan tema mereka langsung melalui Dasbor Blogger > Tema > Backup/ Pulihkan Theme. dan jika sudah di pulihkan dan diganti dengan tema baru udah gitu aja dan dibiarkan gitu aja tanpa ada konfigurasi lebih lanjut.

Permasalahan

Berikut adalah beberapa contoh pemasangan tema atau template tanpa mengubah konfigurasi lebih mendalam.


Ini adalah Blog Neng Rifa, salah satu junior saya di kampus, membahas tentang kehidupan sehari hari, perjalanan dan sebagainya, dan atas ijin nya saya akan membahas beberapa kesalahan dalam tema Blog Neng Rifa ini.


  • Menu Belum Dikonfigurasi, ini adalah salah satu kesalahan paling terlihat jelas, seperti gambar diatas bisa dilihat ini masih bawaan dari templatenya, dan kebanyakan pemula belum mengerti cara mengubah menu tersebut karena memang memerlukan sedikit pengetahuan tentang bahasa pemrograman HTML.
Contoh jika sudah dikonfigurasi maka akan terlihat seperti ini

Contoh jika ingin dikosongkan akan seperti ini. (Sumber www.maringenet.com)
  • Informasi Author di dalam Artikel yang belum di Edit

Harusnya ini diisi dengan profil dan kata kata yang diinginkan oleh author sendiri, agar pengunjung tertarik untuk melihat postingan lain lebih mendalam. Serta masukan juga link menuju sosial media agar pengunjung bisa melihat dan mengkepoin penulis untuk mendapatkan informasi lebih terhadap author.

Contohnya jika sudah diubah.


  • Kebanyakan Iklan
Para pemula yang baru memulai karirnya sebagai seorang blogger selalu menempatkan banyak iklan diblog mereka, nah menurut saya kebanyakan iklan malah justru membuat pengunjung tidak nyaman, jadi cukup berikan iklan secukupnya saja maksimal 5 dalam blog kalian. Dan yang paling tidak pengunjung suka adalah dengan memaksakan pengunjung untuk menonaktifkan adblock mereka, ingat kenyamanan pengunjung akan membuat kita bangka akan blog kita sendiri.


  • Nonaktifkan Widget yang Tidak Penting
Kebanyakan Widget malah membuat Loading Blog menjadi lambat, dan kebanyakan pemula akan menambahkan bermacam macam widget didalam blog mereka, jadi sebaiknya dikurangi widget yang aneh aneh dan percantik tampilan dengan lebih baik lagi.

Cara Ganti Template

Didalam menu dasbor blogger kalian masuk ke Tema > Edit Html, Cari kode yang ingin kalian cari dengan menggunakan fitur pencarian ctrl + f di halaman edit html kalian, dan ubah sesuai yang kalian inginkan dan sesuai dengan isi blog kalian.


Bisa dilihat digambar diatas saya menunjukan salah satu dari bagian dari menu yang ada dihalaman depan blog saya, tinggal ubah labelnya sesuai dengan label yang ada di blog kalian, terus masukin linknya sesuai dengan label tersebut misalnya /search/label/Android itu menunjukan Label Android dan akan langsung di redirect ke halaman berlabel android semua. 

Selanjutnya kalian bisa mengubah komponen lain dengan menggunakan cara yang sama, ingat jangan sampe salah hapus ya, ada sedikit error itu jadikan saja pelajaran, karena sebelum saya seperti ini juga saya pernah mengalami hal yang sama beberapa tahun lalu.

Cara Lain kalian bisa menggunakna Text Editor kayak Notepad ++ atau Sublime Text untuk mengubah template kalian secara offline, namun pastikan kalian mengerti akan apa yang pengen kalian ubah, dan jangan mempersulit yang gampang. Dan pastikan juga kalian baca : Awas Jangan Sembarangan Pake Javascript! disana saya menjelaskan kenapa jangan menggunakan source code sembarangan.

Dan Ingat Konsisten, setelah kalian berhasil membuat tampilan blog kalian menarik, jangan lupakan kewajiban kalian menulis, meski hanya hobi karena kemungkinan ada banyak sekali pengunjung yang memfavoritkan tulisan kalian, entah itu dari gaya menulis, atau konten yang diberikan.

Ada Pertanyaan? langsung aja komen dibawah, jika ingin menghubungi saya untuk keperluan lain bisa melalui halaman contact di label bawah.

4 Responses to "Cara Ganti Template Blog Untuk Blogger Pemula"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel