Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instal Elementary Tweaks di Elementary OS Juno - Hera



Bagi pengguna Elementary OS, salah satu hal yang wajib kalian lakukan adalah melakukan instalasi Elementary Tweak, karena dengan itu kita bisa melakukan banyak kustomisasi terkait tampilan di Elementary OS, seperti Tema, Cursors, Terminal, Icon, dan lainnya. 

Nah karena kebetulan saya juga pengguna Elementary OS, berikut adalah langkah yang saya rangkum untuk melakukan instalasi Elementary Tweaks di Elementary OS Juno (update 27 Juni 2020), Elementary OS Hera 5.1.5 juga dapat melakukan langkah berikut. 

Langkah 1. Pertama silahkan buka Terminal. 

Langkah 2. Silahkan kamu install aplikasi / dependency yang bernama software-properties-common, langkahnya kamu hanya masukan saja perintah berikut pada terminal yang kamu buka. 

sudo apt-get install software-properties-common 
Jangan lupa masukan Password kamu dan install seperti instalasi aplikasi pada umumnya. 

Langkah 3. Selanjutnya kamu bisa menambahkan repository Elementary Tweaks dengan perintah berikut: 

sudo add-apt-repository ppa:philip.scott/elementary-tweaks && sudo apt-get update
Kode perintah diatas adalah memasukkan Repository untuk Elementary Tweaks dan melakukan update Repo secara otomatis, harusnya akan ada perintah untuk klik Yes atau Enter, silahkan lakukan perintah yang diperintahkan pada halaman Terminal tersebut. 

Langkah 4. Setelah selesai, silahkan lanjutkan dengan memasukkan perintah berikut.

sudo apt-get install elementary-tweaks
Proses diatas akan melakukan instalasi Elementary Tweaks, silahkan kamu ikuti saja apa yang diinginkan system pada terminal tersebut, dan jika proses sudah selesai kamu dapat langsung cek pada halaman Settings, disana harusnya akan muncul menu Tweaks. 

Silahkan kamu ikuti langkah diatas dengan teliti, karena jika sudah sesuai harusnya Elementary Tweaks sudah akan langsung terinstall. 

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. 

*Diperbarui 27 Juni 2020 dan Ditest di Elementary OS Hera 5.1.5
Gylang Satria Yudha
Gylang Satria Yudha Blogger muda dari Indonesia yang mulai ngeblog sejak tahun 2011, saat ini aktif mengelola blog ini dan nulis di Winpoin.com