Alasan kenapa Linux lebih baik dibanding Windows

Gak diragukan, saya suka dengan Windows apalagi Windows 10, bahkan saya rela menghabiskan uang demi membeli lisensi Windows 10 Original, namun gak diragukan lagi saya suka banget dengan Linux, apalagi Elementary OS, saya sudah menggunakan Elementary OS semejak versi Freya tahun 2015 lalu, sebelum Windows 10 Dirilis.



Hari semakin berganti, Windows 10 sudah masuk ke versi 1809 / October 2018 Update, dan Elementary OS sudah masuk ke versi 5.0 / Juno. Dan entah kenapa perkembangan Windows malah semakin hari semakin buruk, selain adanya Bug mematikan di Windows 10 October 2018 Update, rasanya performa makin berat aja, pemakaian RAM untuk Membuka 10 Tab Chrome, AIMP, dan System memakan RAM sekitar 7 GB, what!!!.

bahkan pernah nyampe penuh
Ketika saya buka photoshop dan mengedit beberapa file dan layer, bahkan Memorynya Penuh guys, ya wajar sih windows kan semakin banyak software yang terinstal maka semakin banyak juga RAM terpakai, entah karena service atau app yang berjalan di background. inilah kenapa saya agak kurang suka dengan dengan alasan Manajemen memory yang buruk dibandingkan dengan Mac dan Linux.

Ingin sekali ganti ke Mac namun perangkatnya yang Mahal Gila Gilaan, akhirnya saya berakhir di Linux, hampir 3 tahun lebih saya menggunakan Linux, meski harus Dual Boot karena saya masih butuh Matlab, Photoshop dan beberapa software lain yang gak dikembangkan di Linux.

Berikut guys, alasan peribadi saya Mengapa Linux lebih baik dibanding Windows.

Manajemen Memory yang Sangat Baik.

Jika dibandingkan dengan Windows, Linux menggunakan Sedikit sekali RAM, selain itu Linux dibantu dengan SWAP Memory.

saya buka beberapa tab di chrome dan sekitar 10 tab di opera hanya memakan sedikit ram dari total keseluruhan
Untuk system RAM yang digunakan linux ekitar 700 MB - 1.2 GB, sangat kecil kan dibandingkan dengan Windows yang memakan sekitar 2.5 GB - 3.9 GB.

Minim Error dan Bug

Berkaitan dengan Bug yang ada di Windows 10 akhir akhir ini, jika dibandingkan dengan linux yang gratisan, sangat sedikit bug yang muncul di linux, jika user mengoprek linux dengan cermat dan teliti, system malah akan berjalan sangat baik dan optimal.


Selain itu, seandainya ada error dan kerusakan, banyak sekali komunitas yang bisa mendukung dan membantu kamu. 

Gak ada Virus

Mungkin ada namun sangat jarang dan bahkan belum pernah saya menemukan Virus untuk linux, dibandingkan dengan Windows yang harus wajib menggunakan antivirus yang emang gak murah, linux bisa mengatasi Virus Win32 dengan baik, tinggal delete aja, gampang kan, karena aplikasi Win32 gak berjalan di Linux.

Tampilan anti Mainstream

Jika kalian menggunakan Windows 10, semejak perilisannya tahun 2015 lalu, tidak ada perubahan berarti dari segi tampilannya, berbanding terbalik dengan linux yang memiliki banyak distro, mau tampilan minimalis dan bahkan ribetpun ada.


Gratis

Tentu saja ini yang saya suka, dibandingkan dengan Windows yang harganya bisa sampe 4 Jt, Linux Gratis loh. Selain  itu hampir semua software di linux itu gratis, baik itu Office, Media Player, dan bahkan aplikasi Editing.





Yah mungkin segitu dulu aja Alasan kenapa Linux lebih baik dibanding Windows, namun perlu diperhatikan Windows dan Linux memiliki kelebihannya masing masing, baik dari segi kompatibilitas, dan performa, dan pernyataan diatas adalah murni pandangan saya pribadi. Mungkin lain waktu saya akan tulis Alasan kenapa Windows lebih baik dibanding Linux.

Terima Kasih.

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Alasan kenapa Linux lebih baik dibanding Windows"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel