Mengenal Drive NVME dan Manfaatnya Bagi Windows 10

Sudah banyak saya berkata didalam blog ini, bahwa sebagai pengguna Windows 10, kita harus menggunakan SSD untuk penyimpanan Sistem Operasi dan Aplikasi itu sendiri. Btw Selain SSD ada sebuah media penyimpanan terbaru yang biasa disebut dengan NVME SSD, apakah itu?


NVMe merupakan singkatan dari Non-Volatile Memory Express. Bentuknya seperti SSD umum, hanya saja drive ini tidak menggunakan skema SATA. Ini adalah tipe drive penyimpanan yang diperkenalkan pada tahun 2013 lalu. Istilah “Non-Volatile” berarti bahwa penyimpanan ini tidak akan terhapus saat komputer kamu melakukan reboot. Istilah Express yang disematkan padanya merujuk pada fakta bahwa data yang kamu simpan dilakukan melalui interface PCI Express (PCIe) di motherboard komputer. Drive ini memberikan koneksi yang lebih bersifat langsung dengan motherboard karena data tidak perlu melalui controller Serial Advance Technology Attachment (SATA). (Via : Winpoin)


Drive NVMe ini jauh lebih cepat dibandingkan drive SATA yang menjadi sistem populer selama bertahun-tahun PCIe 3.0, generasi terbaru dari PCI Express, memiliki kecepatan transfer data maksimal sebesar 985 megabyte per detik! Drive NVMe mampu memanfaatkan jalur 4 PCIe, berarti secara teoritis mampu mencapai kecepatan maksimal 3,9 Gbps (3940 Mbps). Sementara itu, SSD SATA tercepat, yaitu Samsung 860 Pro, ‘hanya’ mampu mencapai kecepatan 560 Mbps.




Drive NVMe hadir dalam beberapa bentuk berbeda. Yang paling umum adalah stik m.2, sebagaimana pada gambar di atas. Lebarnya 22 mm dan panjangnya bisa jadi 30, 42, 60, 80, atau 100mm. Stik ini cukup tipis untuk ditempatkan mendatar di motherboard, jadi sangat cocok untuk komputer dan laptop. Oya, SSD SATA juga memiliki form factor yang sama, jadi pastikan kamu tidak keliru dengan drive yang lebih lambat. Samsung 970 EVO adalah contoh untuk drive m.2 NVMe.


Bahkan ketika saya bermain ke salah satu mall dikota Bandung, dan mencoba salah satu perangkat dengan NVME didalamnya, wah gila cepet banget, SSD yang saya gunakan untuk Windows 10 saya dirumahpun sudah cepat, misalkan saja Untuk Booting dari keadaan shutdown ke hidup itu butuh 10 detik, dan NVME bisa lebih cepat 6 kalinya.. Luar biasa.



Manfaatnya untuk Windows 10 adalah kecepatan tentu saja, karena seperti yang diketahui jika kamu menggunakan hardisk konvensional maka akan sering sekali ditemukan masalah Disk Usage 100% yang kadang ngejengkelin. Dengan menggunakan SSD dan lebih bagusnya menggunaakan NVME masalah tersebut otomatis menghilang.



Rekomendasi jika kamu ingin menggunakan SSD adalah ya ganti menggunakan NVME ini, selain lebih compact dan modern, kecepatannyapun sangat lebih cepat dibandingkan dengan SSD Konvensional dengan Slot Sata. Namun tentunya harganya jauh lebih mahal diatas SSD pada umumnya. 

Referensi : Winpoin, Gaptech.ID

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel