Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Performa Hardisk External

Jika kalian agak kesel dengan performa hardisk external kalian yang mulai melambat di Windows 10, padahal di OS lain enggak, misalkan di Windows 7 dan Linux, kalian sepertinya perlu mengaktifkan fitur ini.



Sebelumnya, akan saya jelaskan dulu kenapa dengan masalah hardisk external lambat, terutama yang non SSD ya karena judulnya juga hardisk. 

Masalah ini kemungkinan besar disebabkan karena secara Default sejak Windows 10 October 2018 Update (1809), Microsoft mengaktifkan Quick Removal di Windows 10 secara otomatis. Dengan Fitur ini pengguna bisa langsung mencabut perangkat external tanpa eject terlebih dahulu. (Via Winpoin)
Tapi masalahnya, jika ini dinyalakan, tidak ada proses Write Caching di perangkat kita geng, dan bukan bertujuan pada performa juga. Lalu gimana caranya mempercepat performa hardisk external ini? 

Cara Mempercepat Performa Hardisk External

Pertama, klik kanan Hardisk External kalian > Klik Properties > Klik pada bagian Tab Hardware > Klik lagi pada bagian Properties.


Selanjutnya ubah pada bagian Quick Removal ke Better Performance (tepat seperti gambar diatas), selanjutnya klik OK. Selesai deh. 

Sekarang memang dari segi benchmarking gak ada perubahan berarti, namun dari segi user experience yang saya rasakan sendiri, terdapat peningkatan, ya meskipun enggak besar juga (karena HDD bukan SSD)


Nah diatas adalah Video Tutorialnya dan sedikit penjelasan mengenai apa itu Quick Removal di Windows 10.

Silahkan berikan komentarmu dibawah guys. 

Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Mempercepat Performa Hardisk External"