Pengalaman Menggunakan Lastpass - Cara Aman Kelola Password!

Sudah hampir 1 tahun lebih saya menggunakan Lastpass, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola Password, Login Identity, Payment Card, Bank Account, Notes dan Address. Sebelum mengenal Lastpass dulu saya hanya mengandalkan media penyimpanan Password dan Payment Detail pada browser yang saya gunakan.


Namun bagi saya yang menggunakan lebih dari 2 browser, menggunakan media penyimpanan tersebut malah tidak efektif karena perbedaan itu sendiri, meski bisa kita melakukan Importing data, namun jika harus dilakukan tiap hari tentunya akan sangat merepotkan sekali. 

Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu tidak lain adalah dengan menggunakan Password Organizer, seperti Lastpass ini. Dan pada artikel kali ini, saya akan sedikit berbagi pengalaman saya selama kurang lebih 15 bulan menggunakan Lastpass sebagai media penyimpanan Password, Login Identity, Payment Card, Bank Account, Notes dan Address.

Fitur Yang Diberikan

Seperti biasa, akan ada perbedaan kasta disini, dimana pengguna Premium akan mendapatkan segudang fitur yang lebih Pro, namun tenang, untuk pengguna pelit sama seperti saya fitur Free juga sudah sangat mumpuni dan sudah lebih dari cukup. Selain itu pada 30 hari pertama kita akan diberikan akses Lastpass Premium. Jadi setidaknya kita tidak usah merasa penasaran terhadap perbedaan kasta ini. 

Ada beberapa fitur utama yang paling sering saya gunakan dan menjadikan saya suka sekali dengan lastpass, dan berikut diantaranya. 

1#. Password Manager

Tentu saja, ini adalah fitur paling utama, yaitu kita bisa menyimpan semua Password dari situs manapun, mau itu Google Account, Pornhub, ataupun yang lainnya. 


Dan selama 15 bulan pemakaian ini, saya tidak merasakan adanya masalah dari Password Manager yang diberikan Lastpass ini. 

2#. Password Generator

Dulu saya sering menggunakan situs Password Generator manual, dan setelah menggunakan lastpass kini semuanya malah dipermudah, ketika kita mendaftar sebuah situs atau aplikasi, kita akan diberikan pilihan untuk langsung menggenerate password secara otomatis, dan langsung menyimpannya pada password manager lastpass. 



3#. Multiplatform

Yap salah satu hal yang saya suka dibandingkan dengan Password Manager bawaan dari browser adalah sudah tersedianya lastpass pada hampir semua system operasi, misalkan saja di Android, iOS, Mac, dan Windows. Meskipun di Linux tidak ada, namun kita masih bisa menginstal Extension Lastpass di browser yang kita gunakan, baik itu Opera, Edge, Chrome, Firefox, semuanya ada. 


Bahkan untuk pengguna Windows 10, Lastpass sudah bisa kamu temukan di Microsoft Store, dan kamu bisa dengan mudah menginstalnya. 


4#. Autofill

Salah satu alasan kenapa saya suka dengan lastpass adalah karena adanya fitur Autofill, dimana kita dengan mudah bisa langsung masuk kedalam website dimana password kita sudah didaftarkan kedalam password vault lastpass. Jadi saya sudah jarang banget bertemu dengan login screen karena semua sudah dilakukan otomatis menggunakan lastpass. 


Namun jika kamu kurang suka dengan fitur Autofill ini, kamu juga bisa menonaktifkannya melalui halaman settings dalam password vault yang sudah kamu buat terhadap sebuah aplikasi/website. 

6#. Lastpass Authenticator

LastPass Authenticator menawarkan pengalaman verifikasi satu tap kata sandi unik yang tidak diberikan oleh aplikasi authenticator lainnya. Ya intinya hal ini sama seperti adanya authentikasi dari Google, OVO atau LinkAja. 


Kenapa Saya Suka?

Seperti yang sudah saya bahas diatas, saya suka dan sering menggunakan lastpass karena memang fiturnya bermanfaat sekali bagi kehidupan saya, apalagi saya adalah salah satu orang yang tidak pernah menggunakan password yang sama terhadap aplikasi dan website, dan bahkan tidak ada password yang saya gunakan selain password dari password generator dengan 16 digit kombinasi karakter. 

Password Vault lastpass sangat bermanfaat untuk menyimpan semua password dan rekening bank yang saya inputkan, selain itu Autofill benar benar membantu sekali ketika ingin masuk dengan cepat terhadap sebuah website atau aplikasi. 

One Password For All Password Access

Untuk mengakses semua password yang saya buat sebelumnya, setiap pengguna lastpass harus membuat sebuah master password untuk proses login nantinya. Memang sih akan sangat rentan sekali bagi kita karena bisa saja ada orang nakal yang berhasil membobol master password lastpass kita. Namun tenang, karena setiap perangkat asing dan tidak terverifikasi terhadap akun lastpass kita tidak akan pernah bisa login meski memiliki master password. 

Selain itu untuk pengguna Android, dan iOS, kita juga bisa dengan mudah masuk ke akun lastpass kita hanya dengan menggunakan Fingerprint Sensor atau Face ID. Simpel sekali. 

Kesimpulan

Menggunakan banyak password dalam banyak akun yang berbeda memang akan memberikan keamanan maksimal, namun ada sesuatu yang dikorbankan yaitu kenyamanan dan kesimpelan, namun dengan Lastpass kita bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan maksimal, setidaknya itulah yang 15 bulan ini saya rasakan. 

Nah bagi kamu yang tertarik untuk mencoba lastpass atau ingin benar benar memaksimalkan keamanan sebuah akun yang kamu kelola, kamu bisa mendownload dan mencoba lastpass premium selama 30 hari secara gratis dengan masuk ke link berikut. Setelah itu meskipun akun premium kamu sudah habis dan kembali ke akun basic, kamu masih akan tetap mendapatkan fitur dan pengamanan yang maksimal seperti yang sudah saya bahas diatas. 

0 Response to "Pengalaman Menggunakan Lastpass - Cara Aman Kelola Password!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel