Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upgrade Ubuntu Ke Versi Terbaru


Sudah lama Ubuntu Server yang saya gunakan masih menggunakan Ubuntu Server 20.04.5 LTS, sudah dua tahun lamanya versi ini saya gunakan untuk keperluan adguard home dan sejumlah hal lainnya. Nah karena Ubuntu 22 versi LTS juga kebetulan telah dirilis, maka ada baiknya kita coba perbarui Ubuntu Server saya ini ke versi tersebut. 

Langkahnya sebenarnya sangat mudah, dan jika kamu ingin melakukan hal yang sama pada OS Ubuntu kamu, entah itu versi Server, LTS atau versi biasa, maka langkahnya sama saja, dimana kita cukup memasukkan perintah sederhana saja di Terminal, penasaran? berikut saya rangkum langkah singkatnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Terminal. 

Langkah 2. Kemudian silahkan kamu masukkan perintah berikut: 
do-release-upgrade
Contohnya seperti pada gambar berikut, dimana sesaat akan ada proses check for updates terlebih dahulu kemudian kita akan diminta untuk memasukkan password untuk melanjutkan langkah lanjutan. 

* Nah karena disini saya menggunakan akses SSH, maka akan ada pemberitahuan seperti berikut, dimana selanjutnya SSD akan dimulai bukan di port biasa, namun akan dialihkan ke port 1022. 

Jika kamu tidak menggunakan SSH, maka kamu akan langsung diarahkan pada tampilan download dan update seperti pada gambar berikut. 

Dan jika ada konfirmasi apakah kita ingin melanjutkan, klik saja Y dan tekan enter untuk proses upgrade. 

Dan kemudian proses upgrade akan berjalan, proses ini tentu sangat bergantung pada kecepatan internet kamu, dan jika sudah selesai, maka Ubuntu versi terbaru telah berhasil kamu dapatkan. Nah bagaimana mudah sekali bukan? umumnya langkahnya sangat sederhana dan tidaklah sulit. 
Silahkan dicoba guys, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih. 

Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Upgrade Ubuntu Ke Versi Terbaru"