Cara Menghapus Bloatware di Android Tanpa Root

Hai guys, kali ini saya akan share gimana sih caranya hapus bloatware di android, karena seperti yang kita tahu, untuk menghapus bloatware di android itu dibutuhkan akses root, namun bagi kalian yang gak suka untuk masuk ke root karena alasan keamanan seperti saya, maka trik ini patut kalian coba.



Pehatian : saya anggap kalian sudah mengerti dan paham struktur dari android kalian, dan paham cara nguliknya, dan disini penjelasan saya akan singkat, dan semoga berhasil.

Ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan sebelum melakukan trik ini.
  • Download Adb fastboot for PC.
  • Aktifkan USB Debuging di Android kalian. (bisa googlinglah caranya)
  • Pemahaman dasar tentang linux, dan keinginan untuk ngulik yang besar.
Jika 3 hal tersebut sudah kalian miliki, maka kita bisa langsung menjalankan trik berikut.

  • Extract/instal adb fastboot di laptop kalian.
  • Buka CMD, dan masuk ke directory Adb Fastboot tadi.


  • Ketikan Adb Shell

  • Untuk menghapus kalian memerlukan sebuah identitas dari packge yang akan kalian hapus, saya sarankan kalian mendownload app inspector dan memastikan nama package yang akan kalian hapus.

  • Jika kalian sudah menentukan aplikasi yang akan kalian hapus, dalam contoh disini saya akan menghapus aplikasi clock bawaan dari samsung, karena saya lebih suka dengan google clock. Nama packagenya adalah com.sec.android.app.clockpackage
  • Selanjutnya, didalam cmd kalian ketikan perintah berikut : pm uninstall -k --user 0 {nama package kalian} / contoh : pm uninstall -k --user 0 com.sec.android.app.clockpackage

  • Klik Enter. dan pastikan ada pesan Success.
Nah selanjutnya kalian perhatikan di homescreen/ appdrawer android kalian, apakah aplikasi kalian sudah berhasil dihapus?.

Kesimpulan.

teknik ini benar benar malakukan uninstal di aplikasi yang biasanya hanya bisa di disable alias bloatware, namun kalian tidak benar benar menguninstalnya, karena file apk alias file instalasinya masih berada didalam system, misalnya terletak di lokasi /system/app atau di /system/priv-app. karena untuk menghapus file tersebut kalian memerlukan akses root. namun menurut saya dengan menggunakan teknik ini bisa meringankan system kalian lebih baik dibandingkan dengan melakukan disable aplikasi. dan ukuran file instalasi di system tersebut, tidak akan memakan banyak kapasitas, karena ini hanya file apk nya saja bukan file apk yang sudah terinstal, paling hanya 10 - 20 mb aja.

Terima Kasih, dan Semoga Berhasil.
Silahkan berikan komentar dibawah jika ada pertanyaan mengenai postingan ini.

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Cara Menghapus Bloatware di Android Tanpa Root"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel