Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Untuk Rollback Ke Versi Windows 10 Sebelumnya


Disetiap versi Windows 10 yang dirilis, pertama kali pasti ada masalah yang muncul, entah itu adalah compatibility issues dengan Driver, atau masalah system operasi lainnya. Beberapa waktu lalu Windows 10 May 2020 Update juga sudah dirilis, namun tentu saja tidak datang tanpa adanya masalah, beberapa pengguna melaporkan adanya masalah dengan Intel Optane, Driver Audio dan lainnya, sehingga banyak orang juga yang ingin melakukan Rollback ke versi Windows 10 sebelumnya. 

Nah perlu diketahui, jika kamu sudah menggunakan Windows 10 versi terbaru (hasil upgrade), maka akan ada folder didalam drive C yang bernama Windows.old, didalamnya berisi komponen OS Windows versi sebelum kamu upgrade, secara otomatis harusnya folder tersebut akan hilang kurang dari 1 bulan (2 Mingguan atau sekitar 10 hari) setelah kamu menggunakan versi Windows terbaru. Nah jika kamu sudah melewati batas itu, maka kamu tidak akan bisa melakukan Rollback. Sayang sekali. 

Jika kamu masih dalam masa tenggang tersebut, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk melakukan Rollback ke versi Windows 10 sebelumnya, dan berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu masuk ke Settings > Update & Security > Pada bagian Sidebar klik Recovery. 


Langkah 2. Selanjutnya jika kamu masih dalam masa tenggang seperti yang saya sebutkan diatas, kamu bisa klik pada Get Started pada bagian 'Go back to the previous version of Windows 10'. Selanjutnya tinggal ikuti saja langkah yang diperintahkan. 

Namun jika kamu mendapati area tombol Get Started pada bagian 'Go back to the previous version of Windows 10' sudah berwarna gelap seperti yang kamu lihat pada gambar diatas, maka file Windows.old sudah terhapus sehingga kamu tidak bisa melakukan rollback. 

Selain itu jika file Windows.old masih ada, dan kamu menemukan pesan '
We’re sorry, but you can’t go back' itu berarti kamu sudah menginstal dan menggunakan Windows 10 versi terbaru tersebut lebih dari waktu yang ditentukan untuk melakukan rollback. 

Nah jika kamu memaksa ingin downgrade, dari sini, kamu hanya bisa melakukan satu hal, yaitu melakukan Clean Install Windows 10, atau menunggu sampai ada perbaikan yang diberikan oleh Microsoft. 

Semoga bermanfaat. Oya, sama seperti yang sudah berkali kali saya bilang di halaman Windows Portal Indonesia, sebaiknya pengguna untuk bersabar 1 - 2 bulan untuk tidak melakukan upgrade karena mengingat kadang ada bug yang bisa saja merusak Windows 10 akibat compatibility issues dan lainnya. 

Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Mudah Untuk Rollback Ke Versi Windows 10 Sebelumnya"