Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Linux Server 18.04 dengan SSH Client



Untuk mengkoneksikan Linux Server seperti Ubuntu Server 18.04 yang saya gunakan untuk selanjutnya saya akses melalui Command Prompt secara remote, maka saya harus melakukan instalasi dan konfigurasi SSH Server terlebih dahulu. 

Dan bersamaan dengan hal tersebut, ada baiknya saya juga merangkum langkah singkatnya dalam artikel kali ini dan mencoba menjadikan hal ini sebagai dokumentasi saya dimasa depan seandainya saya lupa suatu saat nanti. 

Lalu bagaimana caranya? berikut saya rangkum langkah singkatnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu install dulu OpenSSH Server para Linux kamu, cukup masukkan saja beberapa perintah berikut secara berurutan. 

sudo apt-get update
sudo apt-get install openssh-server

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu jalankan SSH Server dengan menggunakan perintah berikut, silahkan kamu masukkan juga secara berurutan. 

sudo systemctl enable ssh
sudo systemctl start ssh

Langkah 3. Jika sudah selesai dan SSH Server sudah berjalan, jika kamu menggunakan Ubuntu atau OS yang dibuat berbasiskan Debian, silahkan kamu aktifkan firewall rules untuk membuka Port 22, cukup masukkan saja perintah berikut secara berurutan. 

sudo ufw allow ssh
sudo ufw enable
sudo ufw status

Nah selesai, selanjutnya silahkan kamu test dengan menggunakan Terminal/ Command Prompt, atau Powershell, dengan perintah sebagai berikut. 

ssh usernamelinuxkamu@ipaddresslinuxkamu

Berikut adalah contohnya.


Nah sekian artikel kali ini, silahkan dicoba, semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menghubungkan Linux Server 18.04 dengan SSH Client"