Cara Menghubungkan Linux Server 18.04 dengan SSH Client

Hai guys, kali ini saya akan share informasi seputar dunia linux, karena cukup bosan dengan dunia windows dan jajarannya, karena saya juga suka dengan linux, menurut saya linux itu sangat keren dan mudah digunakan, apalagi untuk seorang programmer. 



Nah disini saya menggunakan Linux Server 18.04 sebagai mesin yang digunakan untuk beberapa project, namun karena harus pindah pc itu kadang menyulitkan, maka menggunakan remote connection dengan ssh adalah solusi terbaik saat ini, selain mesin server tidak harus dipasangkan monitor, kita bisa menghemat waktu dan bisa bekerja secara remote host.

Langsung aja. 
Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah install Open-SSH server di linux, karena dalam proses instalasi Ubuntu Server 18.04 saya sudah memasukan package ssh server maka proses instalasi gak harus dilakukan lagi. Namun bagi kalian yang belum instalasi ssh server bisa dilakukan dengan mengetikan perintah berikut di terminal : 

$ sudo apt install -y openssh-server
Kedua, kalian pastikan ssh sudah dalam keadaan aktif dengan mengetikan perintah berikut :

$ sudo systemctl status ssh

Perhatikan Portnya, karena nanti akan sangat berguna untuk mengkoneksikan SSH dengan SSH Client.

Ketiga adalah cek IP linux kalian.
Keempat kalian download software SSH Client, untuk Windows saya sarankan menggunakan Putty, namun jika kalian malas mendownload dan menginstal software putty, kalian bisa mendownload software Remote Terminal di Microsoft Store Windows 10.

Link download :https://www.microsoft.com/store/productId/9WZDNCRDN8B3


Jika sudah selesai mendownload, kalian buka software tersebut, dan masukan konfigurasi sesuai dengan linux kalian, masukan IP dan Port linux kalian tadi.


Kemudian masukan username dan password akun linux kalian. dan jika sudah selesai, maka kalian akan masuk ke terminal linux via ssh.


Nah dengan menginstall ssh server ini, kalian bisa mendapatkan pengalaman lebih seru, terutama yang bekerja sebagai admin dari server itu sendiri, jadi gak usah datang ke kantor buat cuma mandangin komputer linux aja kan. 

Btw Correct me if i'm wrong guys. Thanks

0 Response to "Cara Menghubungkan Linux Server 18.04 dengan SSH Client"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel