Cara Optimisasi SSD Menggunakan Metode Over provisioning

Semejak menggunakan SSD sebagai media penyimpanan utama (System dan Software), saya sangat suka dengan performanya, dengan ukuran yang bisa dibilang Minim yaitu 250 Gb, dan dengan harga yang cukup mahal juga, namun semua itu bisa diobati dengan rasa puas akan kinerja dan kecepatannya.

Namun tahukah kalian, bahwa ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan untuk mengoptimalkan SSD menjadi lebih baik lagi?

Yap bagi kalian anak IT dan tentunya orang yang sudah memakai SSD cukup lama sudah pasti tidak asing dengan namanya Over provisioning, lalu apakah itu?

Over provisioning  adalah sebuah metode yang digunakan untuk meningkatkan performa ssd dan menambah umur ssd dengan membiarkan 8 % atau lebih kapasitas SSD menjadi Unallocated.


Setidaknya kalian harus memberikan ruang kosong yang akan digunakan untuk metode over provisioning, dan tidak menggunakannya untuk partisi apapun.

Lalu Bagaimana Implementasi Over provisioning  pada SSD?

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan, diantaranya menggunakan cara manual, dengan proses repartition menggunakan Disk Management Tools di Windows, atau Disk Utility di Mac. dan Cara kedua adalah dengan menggunakan Sofware pihak ketiga seperti Samsung Magician.



Nah diatas adalah bagaimana mengoptimisasi SSD dengan menggunakan metode Over provisioning, Btw Correct me if i'm wrong guys.
Thanks. 

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Cara Optimisasi SSD Menggunakan Metode Over provisioning "

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel