Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Optimisasi SSD Menggunakan Metode Over provisioning


Semejak menggunakan SSD sebagai media penyimpanan utama (System dan Software), saya sangat suka dengan performanya, meskipun dengan ukuran storage yang bisa dibilang minim dengan hanya 250 Gb saja, namun semua itu bisa diobati dengan rasa puas akan kinerja dan kecepatannya.
Namun tahukah kamu, bahwa ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengoptimalkan SSD menjadi lebih baik lagi?, Nah bagi kamu anak IT dan tentunya orang yang sudah memakai SSD cukup lama pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya Over provisioning, lalu apakah itu?

Over provisioning  adalah sebuah metode yang digunakan untuk meningkatkan performa ssd dan menambah umur ssd dengan membiarkan 8 % atau lebih kapasitas SSD menjadi Unallocated.


Setidaknya untuk menggunakan Over Provisioning, kamu harus merelakan sedikit storage untuk tidak digunakan sebagai bagian partisi apapun. Seperti yang saya lakukan di Gambar diatas, dimana 18.63 GB saja biarkan saja menjadi unallocated. 

Cara Optimisasi SSD Menggunakan Metode Over provisioning  

Ada dua cara yang bisa bisa kamu lakukan, yaitu menggunakan cara manual via Disk Management, atau menggunakan proses repartitions dengan mengguanakan Samsung Magician (jika kamu adalah pengguna SSD Samsung). 

Jika kamu menggunakan Samsung Magician, kamu hanya perlu masuk ke Menu Over Provisioning dan selanjutnya mengatur seperti apa yang direkomendasikan Software tersebut, contohnya seperti pada gambar dibawah. 


Sedangkan untuk menggunakan metode manual, kamu harus masuk ke Disk Management, klik kanan pada bagian Partisi yang telah ada, dan klik Shrink Volume, selanjutnya silahkan masukkan ukuran partisi yang merupakan 8% atau lebih dari ukuran total. 


Baik menggunakan software ataupun manual, keduanya akan berfungsi sama, jadi silahkan disesuaikan. 

Selain itu jika kamu adalah pengguna SSD, saya sangat merekomendasikan kamu untuk menerapkan Over Provisioning pada SSD kamu untuk menambah performa dan masa hidup SSD. 

Silahkan dicoba, semoga bermanfaat. 
Gylang Satria Yudha
Gylang Satria Yudha Blogger muda dari Indonesia yang mulai ngeblog sejak tahun 2011, saat ini aktif mengelola blog ini dan nulis di Winpoin.com

Post a Comment for "Cara Optimisasi SSD Menggunakan Metode Over provisioning "