Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom ROM Terbaik Untuk Samsung Galaxy A5 2016 - xda developer


Selama saya menggunakan Samsung Galaxy A5 2015, ada beberapa custom rom yang pernah saya gunakan, coba dan rasakan, dan diantaranya adalah custom rom yang hadir dengan OS Android Oreo terbaru, dan cocok sekali untuk kamu gunakan. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit membahas apa aja sih custom rom terbaik yang dapat kamu gunakan di Samsung Galaxy A5 2016 kamu, berikut saya jelaskan bersamaan dengan kelebihan dan kekurangannya. 

Google Product ROM - by Vinhixus

Custom rom ini sudah saya gunakan hampir 3 bulanan ini, dan menurut saya ini adalah ROM paling ringan yang pernah saya gunakan, tampilan yang minimalis ala Google Pixel, dengan beberapa fitur ekslusif didalamnya, menjadikan Custom ROM ini menjadi Custom ROM paling saya favoritkan.  

Ada beberapa kelebihan yang saya rasakan dari custom rom ini, dan berikut adalah diantaranya. 

1. Ringan

Ketika proses boot, loadingnya tidak lama dan tentu karena minimnya bloatware, serta tampilan yang telah dimodifikasi menjadikan performa Samsung Galaxy A5 2016 yang menggunakan custom rom ini terasa lebih cepat dibandingkan dengan defaultnya. 

2. Simple

Sekali lagi saya katakan bahwa karena tidak banyak bloatware di custom rom ini menjadikan tampilannya lebih simple, selain itu bagi kamu yang ingin mendapatkan pixel experience kamu wajib banget pake custom rom ini. 

3. Fitur Keren

Untuk fiturnya memang tidak terlalu banyak, namun jika kamu perhatikan, ada beberapa aplikasi yang sudah dimasukkan, diantaranya adalah Google Camera, Google Message, Phone dan lainnya, sehingga menjadikannya seperti Google Pixel beneran. 

Selain itu Google Apps seperti Youtube, Gmail dan lainnya sudah termasuk dalam paket instalasi, jadi kamu tidak perlu lagi install secara manual . 

Selain kelebihan, tentu ada sejumlah kekurangan yang saya rasakan, dan berikut adalah diantaranya: 
  1. Update patch november 2017 - udah kadaluarsa.
  2. Logo Google setelah boot susah untuk dihilangkan "harus pake metode khusus buat kembali ke stock rom".
  3. Launcher bawaan (Lawnchair) kadang lag. "saran pake leanlauncher aja".

Custom rom yang saya gunakan tidak lebih dari 1 minggu ini, menurut saya adalah custom rom terbaik jika kalian ingin merasakan bagaimana Sistem Operasi Oreo di Samsung Galaxy A5 2016, yang memang tidak akan mendapatkan update lagi dari samsung.


Kelebihan :
  1. Sistem Operasi Oreo 8.1.
  2. Semua fungsi hardware normal.
Kekurangan :
  1. Kadang masih ada Lag "maklum masih beta, dan masih dalam tahap testing"
  2. Google Apps tidak termasuk, jadi kita harus manual instalasi Google Apps, kayak Playstore, Dll.
Custom rom yang saya gunakan ini masih dari developer yang sama, masih berbasiskan Oreo 8.1, dan menjadikan pengalaman menggunakan Galaxy A5 2016 terasa berbeda, dan setelah buld 14 terakhir, versi ini sudah stable, dan saya rekomendasikan untuk menggunakannya.


Kelebihan :
  1. Android 8.1 Oreo.
  2. Ringan.
  3. Mudah dikustomisasi.
  4. Stable.
Kekurangan : 
  1. System kadang masih Lag dibeberapa waktu.
  2. Google Apps tidak termasuk paket Custom ROM.

Nah diatas adalah 3 custom rom yang saya rekomendasikan jika kalian ingin merasakan pengalaman yang berbeda ketika menggunakan Samsung Galaxy A5 2016, Btw, saya sendiri sedang membuat Custom ROM sendiri berbasiskan Android 7.0 Update 1 Mei 2018. Silahkan ditunggu aja ya, soalnya masih dalam tahap testing. Namanya NOBLOAT OS.
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

1 comment for "Custom ROM Terbaik Untuk Samsung Galaxy A5 2016 - xda developer"

  1. Mas, untuk ROM Google Product apakah support NFC dan Bluescreen filter?

    ReplyDelete