Rooted Devices dan Mobile Banking - Bicara Keamanan

Setelah beberapa lama saya menggunakan device rooted, alias Samsung Galaxy A5 2016 yang saya gunakan saat ini berstatus Root. ada beberapa mitos dimana device rooted gak boleh digunakan untuk transaksi Mobile Banking atau Internet Banking. ketika pertama kali saya mendengar mitos tersebut, saya agak sedikit risih juga dengan masalah keamanan yang emang harus aman kalo berbicara masalah uang, iya kan?.


Mendengar masalah tersebut, memang ada benarnya jika android yang sudah di root memang rentan terkenal malware yang bisa mengancam keamanan si user sendiri, dengan tanda kutip " user awam ", namun bisa dikatakan, jika user mengerti akan arti root sendiri, dia gak akan terlalu menghawatirkan masalah rooted device ini.

Ada kalanya ketika membuka aplikasi Mobile Banking. anggap saja BRI Mobile, akan ada pemberitahuan system telah di root, nah untuk mengatasi masalah tersebut, jika kalian menggunakan SuperSU sebagai pembuka akses root, tinggal nonaktifkan saja super user, maka kita akan kembali ke mode normal alias non root.

Disini saya sering menggunakan aplikasi Mobile Banking, atau aplikasi lainnya yang berhubungan dengan keuangan, dengan device yang sudah di root, selama pengguna masih mau berhati hati dalam instalasi software atau lainnya, maka masalah keamanan bukan masalah lagi, jika kita telaah lagi lebih dalam system android itu memiliki komponen yang sama persis dengan linux, bagi yang sudah menggunakan linux mungkin akan paham arti dan istilah yang ada dalam system android.

Bijaklah dalam menggunakan akses sebagai root, karena bisa dibilang kita memegang akses penuh akan sebuah device, dan jangan terlalu sering menggunakan akses root untuk pemakaian biasa, dan hanya gunakan akses root ketika akan digunakan saja, maka keamanan baik untuk bertransaksi atau melakukan hal lainnya tidak akan terganggu. dan tetap ingat, tidak ada system yang benar benar aman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel