Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Rooting Android

Root siapa sih anak IT yang gak tau apa itu root, root adalah sebuah akses user yang memiliki segala hak akses atas sebuah system, bagi kalia yang sudah pake linux maka gak akan asing lagi dengan yang namanya root ini. 




Lalu hubungannya dengan android apa?
Secara praktek, android itu adalah sebagian dari linux juga, coba perhatikan deh struktur dasarnya, android menggunakan kernel yang telah disesuaikan dengan segala perangkatnya. itulah kenapa banyak sekali custom rom yang bertebaran diluar sana, bahkan saya sendiripun sedang dalam project pembuatan custom ROM.

Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan Root dalam system android, menurut pandangan saya pribadi.
  • Kelebihan
"System sepenuhnya milik kita" dimana kita memiliki segala hak akses secara penuh akan system android tersebut, kita bisa memodifikasi, menambahkan atau menghilangkan sebagian hal yang gak kita suka, termasuk bloatware dan lainnya.
"Cocok buat yang suka ngulik" bagi kalian yang suka dengan ngulik system dan software, maka melakukan root adalah hal yang sangat cocok, kenapa? karena mengacu pada poin pertama diatas.
"Optimisasi Personal" kalian bisa menambahkan performa, atau mengganti komponen system didalamnya, sehingga menjadikan smartphone kalian lebih baik lagi, bahkan kawan saya, yang masih menggunakan Galaxy J1 J100H masih lancar aja tuh menggunakan smartphonennya, meski dengan spesifikasi yang bisa dibilang "sampah" di tahun 2018 ini.

  • Kekurangan
"System bisa saja Error" jika kalian orang yang gak suka dengan error, maka kalian gak usah deh instal dan pake hak akses root, karena error itu pasti ada, bahkan bootloop, namun tentu saja itu tergantung bagaimana level kalian memainkan akses root, jika hanya untuk modifikasi tampilan sederhana tanpa mengubah system sih, kayaknya gak bakalan error.
"System tidak stabil" ya jika kalian menggunakan akses root, dan mengubah atau menghilangkan sesuatu, bisa saja system android kalian tidak stabil, contohnya saya kemarin menghapus samsung push di samsung galaxy a5 2016 saya, dan error yang merambatpun muncul, mulai dari samsung cloud, dan my files, gak bisa dibuka.

Lalu apakah harus kalian melakukan root? tergantung, bagaimana dan buat apa kalian melakukan root, jika kalian mau berexperimen lebih dalam, dan ingin ngulik sistem android, kalian wajib root, namun jika kalian ingin system yang lebih aman, jangan aja deh, saya sendiripun sering males kalo harus ada error dan lupa backup data.


Based on true story

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel