Tips Membeli Laptop untuk Pelajar dan Mahasiswa


Hai guys, kali ini saya akan memberikan tips nih, buat kalian yang mau beli laptop, khususnya pelajar dan mahasiswa. Mungkin kalian lagi nyari laptop yang cocok buat dipakai belajar, oleh karena itu ada beberapa poin yang perlu kalian perhatikan.


  • Sistem Operasi
Jika kalian ingin menggunakan sistem operasi segala umat, pakailah Windows, kebanyakan software sudah support dengan windows, baik aplikasi Dokumen (Word, Excel, Powerpoint), aplikasi Coding, Editing, dan masih banyak lagi, intinya jika kalian menggunakan Windows, banyak hal gratisan bisa kalian lakukan (Crack) namun crack tidak saya sarankan.


Jika kalian adalah orang yang lebih suka dengan simpisitas, maka gunakanlah Mac, mau itu macbook pro, atau macbook air, selain tampil gaya dan elegan, sistem operasi mac terkenal dengan managemen memory yang sangat baik. 

image by : 9to5Mac

Terakhir jika kalian orang yang sedikit ingin lebih berbeda dengan yang lain, gunakanlah linux, percayalah, kalian akan terasa lebih hebat, jika kalian menggunakan linux sebagai primary os kalian.


  • Ukuran Laptop
Nah ini nih kadang banyak orang yang salah memilih, kebanyakan ukuran laptop disesuaikan dengan spesifikasinya, jika kalian adalah seorang pelajar, saya sarankan untuk membeli laptop ukuran minimal 13.3 inch - 14 inch, jangan menggunakan laptop dengan ukuran 15.6 inch, karena kalian akan merasa ribet memiliki ukuran laptop yang besar. Selain itu ketebalan laptop mempengaruhi enak atau enggaknya ketika digunakan, apalagi kalo harus dibawa tiap hari, kalo ukuran berat bisa lelah kan bahu ini.

  • Spesifikasi Laptop Spesifikasi
Laptop merupakan hal penting yang harus kamu pertimbangan sebelum membeli laptop. Dengan spesifikasi yang sesuai, kamu bisa memaksimalkan kinerja dari laptop sehingga segala jenis tugas yang dikerjakan bisa selesai dengan cepat dan lancar. Saat mengerjakan tugas, kamu tidak akan menemui laptop yang lambat. Jika kamu menggunakan laptop untuk keperluan sederhana saja, misal melakukan pengetikan, kamu dapat memilih laptop dengan spesifikasi yang standar, namun jika kamu menggunakan laptop untuk keperluan desain atau membuat video untuk tugas, kamu harus mempertimbangkan RAM yang ukurannya besar, kartu grafik, penyimpanan dan sistem operasi. Jika hal tersebut tidak dipertimbangkan, proses desain atau pembuatan video bisa berjalan lambat. Jadi, pertimbangkan fungsi dari laptop yang akan dibeli, jika laptop akan digunakan untuk keperluan grafis, spesifikasi dan kinerja laptop menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan.

  • Battery
Pemilihan baterai sangat krusial karena akan menentukan kinerja dari laptop, jika kamu berada di luar ruangan. Dengan baterai yang tidak awet, laptop harus berada di dekat colokan listrik. Jika sampai daya habis dan tidak ada sumber daya, laptop akan mati dan tidak bisa digunakan lagi. Jadi, Jika kamu sering berada di luar selama 2-3 jam tanpa ada colokan listrik, pilih laptop yang dayanya mampu bertahan 3 jam. Jika kamu memilih laptop yang dayanya hanya mampu bertahan 2 jam kurang, pekerjaan atau tugas yang kamu lakukan tidak akan bisa selesai dengan maksimal. Sebelum membeli laptop lakukanlah riset terlebih dahulu terkait dengan daya baterai yang dimiliki laptop tersebut. Pastikan, saat internetnya menyala atau digunakan untuk menjalankan program atau aplikasi, baterai tidak akan terkuras habis dengan cepat

  • Budget Laptop
Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli laptop lainnya tentu saja adalah budget yang kamu miliki. Pertimbangkan fungsi terlebih dahulu. Pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu, yang terpenting laptop tersebut dapat berjalan dengan baik dan bisa digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kamu tanpa hambatan. Usahakan membeli laptop yang bisa membuatmu produktif gaes.

  • Garansi
Ini nih yang memang banyak orang yang gak terlalu memperhatikan, pastikan kalian membeli laptop dengan garansi yang lama masanya, karena sebuah produsen yang memberikan masa garansi lama berarti dia percaya produknya awet.

  • Merek
Kalo ini usahakan membeli merek terpercaya aja, jangan beli merek yang misalkan banyak orang yang mengeluh akan merek tersebut.


Nah guys, itulah tips membeli laptop untuk pelajar dan mahasiswa, jika kalian anak informatika mungkin postingan berikut akan sedikit membantu : Spesifikasi Laptop Teknik Informatika - Rekomendasi Laptop

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Tips Membeli Laptop untuk Pelajar dan Mahasiswa"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel