Perlukah Menggunakan SMADAV? - Pandangan Pribadi

Menggunakan antivirus di platform windows adalah sebuah kewajiban, dimana saat ini ada banyak jutaan ancaman yang mengancam data yang berada di device yang kita miliki, bahkan sekelas Mac pun memiliki trojan yang bisa mengancam penggunannya.



Mendengar kata virus, dan sejenisnya pastinya akan selalu berkaitan dengan antivirus, yang dimana sebuah antivirus dipercaya bisa menjaga device yang kita miliki dari serangan malware dan sebagainya. Disinipun saya menggunakan Kaspersky Internet Security yang saya percaya untuk menjaga keamanan laptop saya dari ancaman malware.

Tahukah kalian, ada antivirus dalam negeri yang menjadi nomer satu di negeri ini? Smadav, pasti deh kalian pernah denger nama ini, atau bahkan ada di pc kalian.

kelas 9 smp atau kelas 3 smp dulu, saya masih menggunakan antivirus ini, dimana hanya terinstal satu antivirus di pc lama saya, yaitu smadav, perlahan pc saya terinfeksi banyak sekali virus dan malware mulai dari virus shortcut, sampai sality.101 yang saat itu sangat ganas banget.

tahun berganti, smadav semakin mendapatkan peningkatan, sudah berapa banyak database yang masuk ke smadav, tapi selama saya mengenal dunia IT, terutama perkembangan jaringan dan windows, saya belum pernah menemukan virus yang berada di database smadav.

Mungkin smadav sangat handal untuk mengatasi virus shortcut yang biasa tersebar di warnet kan, tapi masa itu doang?, bahkan forum kaskus pun membahas tentang smadav ini.

bahkan beberapa bug di windows kadang disebabkan oleh registry yang dibersihkan oleh smadav loh, tau dengan Windows Script Host is Disable on This Machine? yap itu salah satunya.


Lalu pertanyaan paling utama dalam postingan ini adalah, apakah kita perlu dengan antivirus smadav?


  • Antivirus Flashdisk? (apakah antivirus sejenis avast, kaspersky, norton itu gak bisa mendeteksi malware yang ada di flashdisk?), tapi maksud disini adalah smadav bisa mengembalikan file yang disembunyikan virus. Good buat smadav, saya kasih dua jempol buat fitur keamanan ini, karena kebanyakan antivirus luar gak bisa melakukan hal ini.
  • Lapisan pertahanan kedua? (bisa jadi, berkaitan dengan poin diatas).
  • Anti Ransomeware? (nah ini yang saya bingung, ransomeware adalah malware yang mengambil keuntungan dengan cara mengenkripsi seluruh data yang ada di system pc kita, tapa terkecuali, masih ingat dengan WannaCry?, ada beberapa kasus diindonesia yang terkena ransomeware ini, tapi kenapa smadav masih gak bisa? atau mungkin belum di update?.
Sebelum menyimpulkan mari kita lihat dulu Video berikut :


Dari video Youtube Tangan Belang, Smadav tidak bisa mendeteksi malware life sample yang bisa didapatkan gratis di situs Github.
Kesimpulannya, menggunakan smadav hanya akan menambah performa laptop kita semakin menurun, karena proses booting yang lama akibat loading startup smadav, apalagi smadav free. smadav gak terlalu direkomendasikan, sebaiknya kita pengguna windows pc menggunakan antivirus yang direkomendasikan di av-test.
Jadi intinya perlukah menggunakan smadav? saya rasa enggak. kalo alasannya adalah untuk memunculkan kembali file yang disembunyikan virus sebenarnya itu bisa dilakukan dengan banyak cara.

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Perlukah Menggunakan SMADAV? - Pandangan Pribadi"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel