Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Disqus di Blogger

Disqus adalah salah satu comment system yang akhir akhir ini sangat populer dan digunakan dibanyak website besar, salah satu yang menarik dari Disqus ini adalah tentu saja selain tampilannya yang simpel, ada proteksi spam dan bahkan management comment-nya bisa dibilang sangat mudah. 

Seperti yang kamu lihat, blog ini bahkan menggunakan disqus sebagai komentarnya, dan terkait hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan tutorial langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memasang disqus di blogger. Dan berikut adalah langkah langkahnya.


Official Tutorial Oleh Disqus


Jika kamu kurang mengerti dengan apa yang dikatakan dan dijelaskan pada video diatas, berikut saya rangkum langkah singkatnya. 

Cara Memasang Disqus di Blogger

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka halaman Disqus, silahkan daftar jika belum punya akun. 


Langkah 2. Jika kamu sudah mendaftar dan sudah memiliki akun disqus, silahkan kamu masuk kehalaman berikut untuk mengakses halman disqus admin.


Jika Kamu Belum Punya Situs Terdaftar di Disqus

Langkah 1. Pada halaman Disqus Admin tersebut, silahkan kamu buat situs baru dengan klik pada bagian Your site, dan klik New. 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu isi apa yang diperlukan, mulai dari nama Website dan Kategori Blog kamu, misalkan Teknologi atau apapun sesuai dengan tema blog kamu.


Pada pemilihan Plan, silahkan kamu lewati saja dengan klik pada bagian installing disqus. 


Maka dengan itu, kamu akan ditujukan pada pemilihan dimana disqus akan diiinstall, silahkan kamu pilih blogger saja. 


Setelah di klik kamu akan diberikan opsi seperti pada gambar berikut, silahkan kamu sesuaikan dengan nama Blog kamu yang akan kamu pasangkan disqus. 


Pada halaman tersebut saya rekomendasikan untuk bagian Judul, silahkan kamu isi dengan "Disqus Comment" atau "Komentar Disqus" agar dapat dengan mudah dikenali jika ada masalah. 


Jika sudah selesai kamu atur, silahkan kamu klik saja pada tombol Menambah Widget. Dan dengan itu kamu akan langsung diarahkan pada halaman edit tata letak di Blogger.

Langkah 3. Terakhir, pada halaman tata letak, silahkan kamu pindahkan widget "Komentar Disqus" yang sudah kita buat sebelumnya menjadi berada dibawah Blog Post. Tepat seperti pada gambar berikut. 


Selanjutnya silahkan simpan perubahan dan langsung lihat saja hasilnya, sekarang harusnya Disqus sudah menempel di Blog dan menjadi comment system blog yang kita gunakan. 


Jika Kamu Sudah Punya Situs Terdaftar di Disqus

Pada langkah ini kurang lebih sama seperti langkah diatas, dan berikut adalah langkah - langkahnya. 

Langkah 1. Pada halaman https://disqus.com/admin/ silahkan kamu klik pada bagian Installing Disqus, tepat seperti pada gambar dibawah ini. 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu pilih opsi Blogger, dan silahkan kamu ikuti saja tiga langkah yang ditunjukkan. 


Pada halaman tersebut saya rekomendasikan untuk bagian Judul, silahkan kamu isi dengan "Disqus Comment" atau "Komentar Disqus" agar dapat dengan mudah dikenali jika ada masalah. 


Jika sudah selesai kamu atur, silahkan kamu klik saja pada tombol Menambah Widget. Dan dengan itu kamu akan langsung diarahkan pada halaman edit tata letak di Blogger.

Pada halaman tata letak tersebut, silahkan kamu pindahkan widget "Komentar Disqus" yang sudah kita buat sebelumnya menjadi berada dibawah Blog Post. Tepat seperti pada gambar berikut. 



Nah setelah selesai, silahkan kamu simpan dan lihat hasilnya. 


Bagaimana mudah sekali bukan?, itulah sedikit langkah tutorial untuk memasang Disqus di Blogger, pada langkah selanjutnya setelah kamu memasang disqus, jika kamu ingin menampilkan jumlah penghitung komentar di Blogger, kamu bisa mengikuti langkah yang sudah saya buatkan pada halaman Cara Menampilkan Penghitung Jumlah Komentar Disqus di Blog.

Sekian artikel kali ini, semoga berhasil ya, silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah. Terima kasih. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Memasang Disqus di Blogger"