Perbedaan Bit dan Byte - Anak TKJ Wajib Tahu!

Karena banyaknya yang merasa tertipu oleh provider yang menyediakan koneksi internet cepat namun kenyataannya ternyata lambat, mari kita bahas sedikit tentang Perbedaan Bit dan Byte, karena kebetulan selama 3 tahun saya sekolah dijurusan Teknik Komputer dan Jaringan, dan kuliah saya jurusan informatika juga, jadi setidaknya hal kayak gini adalah dasar banget.



Akan sangat parah ketika ada anak TKJ yang masih gaptek akan hal dasar seperti ini. Oke langsung aja guys.

Bit dan byte adalah istilah yang cukup sering ditemukan ketika kita berurusan dengan Internet. Kadang, bagi user awam, istilah-istilah tersebut sering membuat bingung, terutama dengan pertanyaan mengenai speed internet atau kecepatan download. Pada prinsipnya, bit (biasanya disimbolkan dengan huruf ‘b’ kecil) dan byte (biasanya disimbolkan dengan huruf ‘B’ besar) tidak sama, di mana 1 byte dibentuk atas 8 bit.

bit

Bit adalah kependekan dari “Binary Digit“, yang berarti digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital.

Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan data. Semua data komputer disimpan dalam angka-angka biner. Hanya 2 nilai berbeda yang bisa dinyatakan satu bit, entah nilai 0 atau nilai 1. Dalam telekomunikasi digital juga demikian, semua level tegangan diubah menjadi bentuk data biner.

Istilah “binary digit” atau “bit” diperkenalkan oleh John Tukey di tahun 1947, saat itu ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di Bell Laboratories.

Byte

Satu Byte adalah 8 satuan bit yang digabung menjadi satu. Jadi Byte adalah satuan informasi yang lebih besar dari bit. Istilah ‘byte’ pertama diciptakan dan digunakan oleh Dr. Werner Buccholz di tahun 1956, saat itu ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di IBM.

Sistem bilangan desimal didasarkan pada 10 angka (0 sampai 9), sistem bilangan biner hanya memiliki 2 angka yakni angka 0 dan angka 1. Semua data yang diproses oleh komputer memiliki bentuk angka-angka 0 dan 1. Dalam komunikasi digital, kedua nilai ini mewakili level tegangan. Salah satu penerapannya, nilai biner 0 digunakan untuk menyatakan ketiadaan voltase, dan nilai biner 1 untuk voltase positif konstan.

Perbedaan

Byte dinyatakan dengan huruf ‘B’ besar, sedangkan bit dinyatakan dengan huruf ‘b’ kecil. Jadi huruf besar artinya Byte atau satuan yang lebih besar, sedangkan huruf kecil artinya bit atau satuan yang lebih kecil. Biasanya transfer speed (bandwidth) dinyatakan dalam bentuk bit, sedangkan kapasitas penyimpanan data biasanya dinyatakan dalam bentuk byte.

Konversi

1 Byte = 8 bits atau 1 bit = (1/8) Byte

Contoh perhitungan bandwidth Internet:

Jika kalian mendapatkan penawaran paket layanan Internet bandwidth 1 Mbps, itu artinya 1 mega bit per second atau 1.024 kilo bit per second (Kbps). Untuk menegetahui berapa kecepatan download/transfer sebenarnya maka harus dikonversi lebih dulu ke satuan Byte, dengan cara dibagi 8, yaitu:

1.024 kbps/8 = 128 KBps (kilo Byte per second).

Ini artinya, kecepatan transfer datanya adalah 128 KB dalam satu detik.

Jika file yang Anda download memiliki besar kapasitas 460,8 MB atau 460.800 KB, maka dengan paket bandwidth Internet 1Mbps di atas, Anda akan membutuhkan waktu selama:

(460.800 KB)/(128 KB/detik) = 3.600 detik atau 1 jam.

Sudah paham kan? intinya 1 byte adalah 8 bit. 

Referensi : 

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Perbedaan Bit dan Byte - Anak TKJ Wajib Tahu!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel