Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Iframe Video di Blogger Jadi Widescreen

Salah satu hal yang mungkin akhir akhir ini sering dilakukan para Blogger adalah menambahkan sebuah video pada blog mereka, entah itu video pribadi, video tutorial atau video lainnya yang mereka ambil dari halaman Youtube. 

Seperti yang kita tahu, Blogger sangat terintegrasi dengan baik dengan Youtube karena masih sama sama dimiliki oleh raksasa pencarian Google, namun ketika kamu menambahkan video embeded di artikel, tampilannya akan tampak kotak dan tidak enak untuk dilihat. Sedangkan beberapa template sudah memberikan opsi Youtube Embeded yang menarik, namun jika kamu memiliki tampilan Template Blogger Default atau tidak memiliki opsi embeded, maka kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut. 


Cara Menambahkan Video Youtube Didalam Artikel

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buat artikel baru, didalam menu editor, silahkan kamu klik pada icon Video dan pilih Youtube. 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu masukkan Video yang akan kamu tampilkan didalam artikel, atau kamu juga bisa memasukkan URL dari Video yang tersedia di Youtube. 


Setelah dipilih, defaultnya akan tampil seperti pada video berikut, kotak dan tidak enak untuk dilihat. 


Cara Membuat Iframe Video di Blogger Jadi Widescreen

Untuk mengubah tampilan tersebut agar menjadi widescreen, kamu cukup melakukan beberapa langkah berikut. 

Langkah 1. Masih dalam menu Editor, silahkan kamu pilih tampilan HTML. 

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu cari dan ubah iframe Youtube dari seperti yang saya tunjukkan pada syntax highlighting berikut. 
<iframe allowfullscreen="" class="BLOG_video_class" height="266" src="https://www.youtube.com/embed/ZcJS95IxrRI" width="320" youtube-src-id="ZcJS95IxrRI"></iframe
Silahkan kamu perhatikan pada bagian height dan width, selanjutnya silahkan kamu ubah angka tersebut, height menjadi 315 dan width menjadi 560. 
<iframe allowfullscreen="" class="BLOG_video_class" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/ZcJS95IxrRI" width="560" youtube-src-id="ZcJS95IxrRI"></iframe
Jika sudah selesai, silahkan kamu kembali pada tampilan menulis dan lihat langsung hasilnya. Sebagai contoh, berikut adalah hasilnya. 


Nah itulah langkah singkat untuk membuat iFrame Video Youtube menjadi Widescreen, silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. Terima kasih. 

*Artikel ini diperbarui pada 29 Oktober 2020 dengan menambahkan Screenshot dan menyesuaikan dengan Blogger yang baru. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Membuat Iframe Video di Blogger Jadi Widescreen"