Kenapa Windows 10 Rakus RAM?

Hai guys, jika kalian pengguna Windows 10 yang memang sudah menggunakan Windows 10 sudah lama, maka kalian akan merasakan perbedaan yang signifikan terhadap performanya kan? ya berbeda dengan Windows 10 yang dirilis tahun 2015 lalu, dimana saat itu dengan menggunakan RAM 2 GB pun masih sangat usable untuk digunakan sehari hari.



Namun tentu saja jika kita bandingkan dengan Windows 7 maka Windows 10 masih sangat kalah jauh, karena Windows 10 secara umum memakan banyak sumber daya RAM. Mari kita bahas dari sudut pandang saya pribadi sebagai anak IT yang sudah menggunakan Windows 10 semejak 3 tahun lalu.


Kenapa Windows 10 Memakan Banyak RAM?
  • Coba perhatikan servicenya, jika kita bandingkan dengan Windows 7 yang lalu, Windows 7 tidak memiliki service sebanyak Windows 10, dimana Windows 10 memiliki lebih dari 30 services yang sudah termasuk dengan service aplikasi UWP, jadi semakin banyak aplikasi UWP kalian maka semakin rakus juga akan RAM.

  • Aplikasi yang berjalan di background, jika kalian lihat, apakah ada banyak aplikasi yang kalian PIN di start menu? dan live tile yang terus berubah ubah akan setidaknya memakan RAM, karena aplikasi tersebut secara langsung berjalan di backgroud. "oleh karena itu saya mematikan icon yang di pin di start menu"

Jika kalian baru pertama kali instal Windows 10 yang belum diinstal banyak aplikasi maka Windows 10 akan terasa sangat ringan sekali kan? bahkan di RAM yang hanya 2 GB, namun seiring berjalannya waktu banyak Update, Service, dan Aplikasi yang berjalan di Backgroud maka akan semakin berat juga penggunaan Windows 10, apalagi semajak Microsoft mengubah Fungsi Windows 10 sebagai service " windows as service " yang lebih banyak peralihan antara aplikasi konvensional berbasis win32 ke aplikasi UWP.


Tips agar Windows 10 tidak Rakus RAM mungkin akan saya share dikemudian hari. 
Artikel diatas sepenuhnya adalah pandangan saya pribadi, berdasarkan Riset dan pengalaman saya selama lebih dari 3 tahun menggunakan Windows 10. Terima Kasih. Mohon koreksi jika ada kesalahan.

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Kenapa Windows 10 Rakus RAM?"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel