Cara Menghemat Battery Laptop di Windows 10

Kadang saya ketika kuliah lupa bawa charger laptop, meski laptop ini masih terbilang baru dan masih memiliki battery yang lumayan awet, namun untuk digunakan selama beberapa sks mata kuliah tanpa di charge saya agak takut juga, karena bisa jadi ketika sedang ngerjain tugas atau presentasi eh battery abis, bisa gawat kan.


Nah oleh karena itu kali ini saya akan berbagi sedikit trik dimana biasa saya melakukan metode penghematan battery, dan dalam kondisi 100 % digunakan Excel dan Presentasi dan beberapa program ringan lainnya bisa sampai bertahan 4 jam lebih. Namun perlu diperhatikan mungkin cara ini tidak akan terlalu efektif jika battery sudah mulai drop dan battery health sudah dibawah 60%.

Cara Cek Kesehatan Battery Laptop akan saya share dikemudian hari.

Gunakan Battery Saver Mode

Didalam Windows 10 sudah tersedia Battery Saver mode, pastikan kamu nyalakan ketika diperlukan, karena dalam kondisi powersaver mode akan ada banyak program yang dihentikan prosesnya dari background, misalkan saja onedrive dan beberapa aplikasi UWP lain.


Matikan Bluetooth dan Wifi

Biasanya secara otomatis Bluetooth dan Wifi sudah dimatikan ketika menyalakan Battery Saver Mode, namun dalam kasus saya, kedua perangkat tersebut tidak bisa dimatikan meski dalam kondisi Battery Saver Mode, sehingga saya harus mematikannya secara manual via Device Manager.


Atur Brightness Seminim Mungkin

Atur kecerahan layar kamu senyaman dan seminim mungkin karena semakin gelap maka pemakaian daya akan semakin kecil bagi perangkat laptop kamu.



Disable Sound

Matikan suara sampai benar benar hilang, kamu bisa menggunakan keyboard shortcut laptop kamu atau bisa slide volume mixer ke 0.


Hanya Gunakan Aplikasi Yang Perlu

Kamu jangan sekali kali menginstal aplikasi sampah kayak battery saver atau apalah, aplikasi yang sebaiknya kamu gunakan adalah apa yang kamu butuhkan, jika dalam kondisi mepet gak ada charger, tutup semua aplikasi yang gak perlu, dan hanya gunakan aplikasi yang emang kamu pake.


Kesimpulan

Dalam pengalaman saya ketika beberapa kali saya mendapati kondisi mepet gak ada charger, dengan menggunakan beberapa metode diatas sudah berhasil menyelamatkan saya ketika kuliah dan sedang presentasi. Akan beda ceritanya kalo kamu buka program berat kayak photoshop atau netbeans untuk programming, karena program berat akan menguras battery laptop kamu lebih cepat.

Yap sekian dulu trik saya kali ini, semoga bermanfaat.


Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Cara Menghemat Battery Laptop di Windows 10"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel