Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Search di Notification Drawer Samsung

Jika kamu menggunakan perangkat Samsung yang telah di Root, apalagi jika itu adalah perangkat Samsung generasi lama (seperti Samsung Galaxy A5 2016 yang saya gunakan ini), kamu mungkin akan melihat adanya sebuah fitur yang menurut saya kurang berguna di Notification Drawer yaitu sebuah fitur pencarian.

Terkait fitur tersebut, saya rasa ada baiknya jika kita menghapusnya saja karena memang tidak terlalu diperlukan, bahkan dalam beberapa kasus fitur tersebut saya rasa cukup memberatkan UI, jadi menghapusnya adalah langkah yang sangat direkomendasikan. 


Nah pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi sebuah langkah sederhana untuk menghilangkan fitur Search di Notification Drawer tersebut, dan berikut adalah diantaranya: 

Yang Kamu Butuhkan

Kamu disini memerlukan sebuah File Explorer khusus, dan saya merekomendasikan kamu menggunakan Root explorer yang dapat kamu download pada halaman resminya berikut. Atau selain itu kamu juga bisa menggunakan file explorer lain yang kamu suka, asalkan dia memiliki akses untuk membuka directory root. 

Yang Enggak Boleh Kamu Lakukan

Sebelumnya, saya sudah mencoba untuk menghapus fitur dan opsi search tersebut dengan cara menghapus aplikasi finder.apk dari system, namun jika aplikasi tersebut dihapus, bukannya fitur dan opsi search di notification drawer yang hilang, malah system akan error dan bahkan bootloop, jadi jika ingin menghapus Search di Notification Drawer perangkat Samsung kalian lakukan langkah dibawah saja, dijamin work.

Langkah Langkah

Berikut adalah beberapa langkah singkat yang dapat kamu ikuti, silahkan perhatikan dengan seksama agar tidak ada kesalahan yang terjadi. 

Langkah 1. Pertama didalam perangkat Android kamu, silahkan buka file explorer yang memiliki memiliki akses untuk membuka directory root. 

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu masuk ke Directory /system/etc/permissions.

Langkah 3. Silahkan kamu cari dan hapus file bernama com.sec.feature.findo.xml

Jika sudah selesai, silahkan kamu reboot perangkat Samsung kamu, dan setelah itu harusnya tampilan notification drawer kalian akan menjadi seperti berikut, dimana sudah tidak ada lagi fitur dan opsi search disana. 


Nah silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. Sedikit informasi karena saya belum pernah mencoba perangkat Samsung terbaru, maka saya juga enggak tahu apakah masih ada opsi search di notifications drawer atau tidak, apalagi dengan OneUI nya yang baru. 

*Artikel ini diperbarui 13 Oktober 2020
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Search di Notification Drawer Samsung"