Hal Yang Harus Di Cek Ketika Laptop Terjatuh

Beberapa waktu lalu laptop saya terjatuh, bukan secara langsung, namun tidak langsung, ketika laptop saya berada didalam tas dan terjatuh dari kursi, laptop kesayangan saya yang sangat saya banggakan dan sangat saya sayangi terjatuh itu bikin hati deg degan, apalagi harganya yang bisa dibilang menguras isi dompet, kalo saya kelas sultan sih kayaknya gak masalah.



Namun pertama kali yang harus saya lakukan adalah bukan panik atau tergesa gesa, saya harus memastikan apakah ada kerusakan, error atau malfungsi pada laptop saya, apalagi terjatuh dalam keadaan sleep, bukan mati dan kondisi mesin itu masih stand by.

Berikut adalah Hal Yang Harus Di Cek Ketika Laptop Terjatuh :

Periksa Kondisi Body

Ingat body adalah hal paling penting, kenapa? karena ketika body ada penyok atau lecet, tentu saja akan mengurangi keindahan tampilan dari laptop itu sendiri. Periksa bagian sudut, sampaing kanan dan kiri, depan dan belakang, atas dan bawah, pastikan dengan teliti.

Periksa Engsel Layar

Coba buka tutup layar kalian, pastikan tidak adanya suara aneh misalkan klik, atau krek, lalu pastikan mudah dibuka dan nyaman untuk dibuka tutup.

Periksa Bagian Keyboard

Jangan lupa juga periksa keyboard dan touchpad, pastikan masih clicky, dan enak untuk ditekan, pastikan tidak ada tombol yang hilang dan tidak adanya tombol yang malfungsi dan susah ditekan.

Periksa Layar

Dalam kondisi belum dinyalakan coba periksa layar apakah ada goresan atau pecah atau noda, pastikan layar aman, dan coba nyalakan. Lalu lanjutkan dengan memeriksa apakah ada deadpixel atau whitespot di laptop kalian dengan memutar video berikut :



Pastikan Laptop Nyala dan Masuk ke OS

Jika Laptop kalian sudah masuk ke OS misalkan Windows, dan pastikan tidak adanya suara aneh dari Hardisk yang bunyi krik krik.

Periksa Komponen Hardware Lain (USB, HDMI, VGA, LAN, Combo Audio Jack)

Pastikan komponen hardware lain berjalan dengan baik, colokan flashdrive ke setiap port usb, sambungkan juga HDMI dan VGA ke layar eksternal, pasangkan headset juga, dan pastikan semuanya dalam kondisi yang baik dan bisa digunakan.

Periksa Konektivitas

Coba kalian periksa Wifi, dan Bluetooth pastikan berjalan dengan baik. 

Periksa Suara

Coba gunakan aplikasi voice recorder dan pastikan laptop kalian bisa merekam suara, dan coba mainkan musik dan pastikan laptop kalian mengeluarkan suara dengan normal.


Kesimpulan

Jika kalian sudah melakukan test diatas dan kondisinya bagus dan tidak ada yang berubah, maka dapat dipastikan laptop kalian dalam kondisi baik baik saja, namun jika ada salah satu yang tidak berfungsi maka kemungkinan komponen tersebut ada yang rusak, kalian gak perlu langsung panik dan bawa ke service center, jika kerusakannya hanya lecet atau tidak berpengaruh ke fungsi sebaiknya diamkan saja, namun jika layar atau hardisk yang kena, sebaiknya segera dibawa ke service center atau tukang benerin laptop yang kalian percaya.

Semoga membantu dan jagalah laptop kalian dengan baik. 

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel