Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LAN, MAN, WAN. Yu sedikit untuk "berkenalan".

Halo semua. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sedikit pengetahuan apa itu LAN, MAN, dan WAN.
Yu langsung saja pada inti pembahasan.

1. LAN

LAN atau Local Area Network, seperti namanya yaitu Local (Lokal), jenis jaringan ini menghubungkan komputer pada area wilayah kecil, seperti area rumahan, perkantoran, dan sebagainya. Biasanya jarak antarnodenya tidak lebih jauh dari 200m. Jenis jaringan ini juga lebih memudahkan setiap user dalam membagikan file dengan cara sharing yang lebih ringkas dan cepat. Kelebihan lainnya dari jaringan LAN adalah biaya operasional yang relatif kecil karena lebih sedikit menggunakan kabel yaitu hanya satu ruangan saja.



2. MAN

MAN atau Metropolitan Area Network, jenis jaringan ini meliputi wilayah yang lebih besar dari LAN, MAN diaplikasikan untuk mengkoneksikan komputer melalui pada satu kota tertentu. Jarak cakupannya kurang lebih hingga 50 km. Tentunya manfaat jaringan komputer ini sangat berguna oleh beberapa instansi yang memang menggunakan jaringan MAN dalam kegiatan pekerjaan mereka. Selain lebih memudahkan dalam pengiriman file dari satu tempat ke tempat lainnya, penggunaan jaringan MAN ini lebih efektif untuk digunakan secara bersamaan.

\


3. WAN

WAN atau Wide Area Network, jenis jaringan ini biasanya sudah menggunakan, media wireless, ataupun serat kabel optik, karena jangkauannya lebih luas bukan hanya antarkota, tetapi wilayah otoritas negara lain. Kelebihan dari jaringan ini memiliki speed yang cukup baik dan stabil, pertukaran informasi yang dilakukan pun lebih aman dan terarah. Karena menyangkut hubungan antarnegara maka jaringan ini cukup baik dibandingkan jaringan LAN dan jaringan MAN. Namun terdapat kekurangan juga dari jaringan WAN ini, yaitu biaya oprasional yang cukup tinggi sebab harus menyediakan kabel yang lebih banyak dan biaya maintenance untuk jaringan agar lebih aman.


Reza M Firmansyah Seorang pemuda yang tertarik dengan dunia IT, sedang mengerjakan Project Web dan Tugas Akhirnya. Follow Instagram

Post a Comment for "LAN, MAN, WAN. Yu sedikit untuk "berkenalan"."