Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Slideshow Pada Artikel di Blog

Sebelumnya saya sering mengupload foto diblog ini, dan jika banyak maka akan terlihat tidak rapi, terutama hasil dari screenshot hp, wah makin gak enak aja buat dilihat. Karena saya Juga sering nulis di Winpoin maka kenapa saya gak menggunakan fitur slideshow saja di blog ini, sebuah teknik bagus untuk membuat rapi postingan saya disini.


Namun ada kendala yang saya temukan, yaitu diblogger tidak ada template atau fitur slideshow bawaan jadi kita tidak bisa membuat gallery otomatis disini, ada beberapa tutorial yang menggunakan javascript dari yourjavascript.com dan malah tampilannya jadi berantakan dan gepeng. Rata rata hampir semua blogger yang menggunakan slideshow dari Yourjavascript tidak menunjukan tutorial mereka sendiri, jadi saya tidak bisa membuktikan bagaimana apakah javascriptnya berhasil apa tidak. 

Nah lalu karena sempat kebingungan, saya akhirnya mendapatkan ide untuk membuat sebuah slideshow menggunakan aplikasi Powerpoint, hmm bagus juga, namun disini saya menggunakan fitur dari Google Slide saja, karena ada kata Slidenya. hahahaha

Cara Membuat Slideshow Pada Artikel di Blog

Pertama masuk ke Google Drive, dan buat folder sesuai dengan Artikel yang akan kamu tulis (Biar Rapi).

Lalu upload semua gambar yang akan kamu gunakan dalam slideshow. Selanjutnya klik kanan dan pilih Google Slide.



Selanjutnya masukan semua foto kamu sama seperti kamu memasukan slide presentasi. Disini saya menambahkan foto menggunakan Google Drive karena sesuai dengan langkah sebelumnya.


Buat slide yang banyak, sesuai dengan foto kamu.


Jika sudah selesai, kamu klik pada file > publikasikan ke Web.


Selanjutnya, kamu klik pada bagian Sematkan, dan Atur sesuai yang kamu inginkan, disini saya ceklis semuanya, dan selanjutnya kamu Copy saja code Embed yang ada disana, dan publikasikan.


Selesai, kamu bisa kembali ke halaman blogger kamu, didalam pengeditan artikel kamu bisa ubah dari Compose ke HTML, dan letakan code embed tadi sesuai dengan lokasi yang kamu inginkan.


Selesai, mudah sekali bukan? semoga bermanfaat. berikan pendapatmu dibawah.
Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Membuat Slideshow Pada Artikel di Blog"