Cara Mengatasi Laptop/PC Tidak Bisa Masuk BIOS #BagianPertama

Kemarin si reza kawan saya sekaligus orang yang suka nulis juga di blog ini, berencana untuk melakukan instalasi Windows 10 Pro yang sudah dimilikinya, karena memang kondisinya sudah lambat dan dia ingin reinstal, dan langsung saja saya coba bantu dia instal Windows 10 1809 yang terbaru. 

Masalah Ditemukan!

Ada sebuah masalah dimana instalasi Windows 10 corrupt dan gak bisa berjalan dengan normal, saya coba untuk masuk kembali ke BIOS namun tidak bisa, what? saya bingung disana, dan malah menunjukan Operating System Not Found, dan akhirnya saya coba Instal Linux dan ternyata bisa, namun ada satu masalah serius dimana setelah linux terinstal malah ketika saya menekan tombol F2 yang harusnya masuk ke BIOS malah masuk ke boot menu grub linux. 


Pertama saya coba masuk system setup seperti gambar diatas, dan dia bisa masuk bios, saya coba ulang kembali dan ubah boot order, namun tetap gagal untuk masuk ke instalasi Windows, saya coba ubah dari UEFI ke Legacy, dan malah makin parah. 

Sudah Operating System Not Found dan saya gak bisa masuk Bios, selain itu gak ada tutorial yang berhasil saya lakukan untuk masuk ke BIOS, karena rata rata semuanya hampir Copas, ahhh saya pusing. 

Cara Mengatasi Masalah

Karena tanggung pusing saya bongkar saja laptopnya dan coba lepaskan battery CMOS dan setelah saya pasang alhamdulilah settingan kembali dari Legacy ke UEFI, dan saya masih bisa masuk ke Linux.


Diatas adalah Battery CMOSnya, dan saya lepaskan selama beberapa menit dan pasangkan kembali.


Intinya untuk mengatasi laptop/pc yang tidak bisa masuk bios adalah dengan mereset kembali bios dengan melepas Battery CMOS.

Ada beberapa penyebab kenapa laptop atau pc yang gak bisa masuk bios dan diantaranya :

#1. Adanya Maslah Pada BIOS

Faktor pertama yang menyebabkan komputer kalian tidak bisa memasuki BIOS adalah terdapat masalah pada BIOS komputer kalian. Masalah yang terjadi pada BIOS ini menyebabkan komputer kalian tidak dapat memasuki BIOS.

#2. Adanya Harddisk atau Sistem Windows yang Corupt

Apabila salah satu file sistem windows ada yang hilang, maka komputer kalian akan mengalami masalah dan tidak bisa booting dengan normal lagi. Selain file sistem windows yang rusak, harddisk yang mengalami kerusakan juga dapat memberikan dampak buruk bagi komputer kita, harddisk yang mulai rusak dapat menyebabkan komputer gagal booting, dan ini yang menjadi masalah yang saya alami dalam artikel ini.

Untuk sekarang ketika saya ingin melakukan instalasi Windows pada perangkat si reza harus masuk ke konfigurasi Grub terlebih dahulu dan menginstalnya lewat sana, namun karena reza ingin mencoba linux, maka instalasi Windows akan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

#akan saya update kemudian hari pada artikel selanjutnya. 

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop/PC Tidak Bisa Masuk BIOS #BagianPertama"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel