Nyoba Ubuntu Mate 18.04.2 Gila Keren Banget! - Maaf Elementary Os Aku Bakal Pindah Haluan

Sekian lama saya pake Elementary OS dan Windows 10, akhirnya saya kembali menjajal sebuah distro linux baru, namanya Ubuntu Mate, mungkin beberapa waktu lalu saya pernah membahasnya pada artikel ini Ubuntu Mate 18.04.2, Lebih Keren Dari Elementary OS, kali ini saya akan menceritakan fitur apa saya yang membuat saya jatuh cinta dengan Ubuntu Mate ini, bisa dibilang mungkin ini Hand On nya ya, karena saya masih belum benar benar melakukan instalasi secara penuh didalam system. "SSD masih lama datangnya". Baca Juga : Pengalaman Belanja di Aliexpress.


Bisa dilihat disini, saya belum menginstalnya ya, jadi masih dalam tampilan Try Ubuntu Without Installing, alias live installer.


Spesifikasi Hardware Yang Digunakan

Seperti biasa kali ini saya benar benar mencobanya pada perangkat Asus K401UQK dengan konfigurasi hardware sebagai berikut.


Media bootablenya masih menggunakan Flashdrive USB 3 16GB.

Fitur Ubuntu Mate 18.04.2

Disini saya menggunakan Ubuntu Mate 18.04.2 LTS atau Long Time Support dan katanya masih akan disupport sampai April 2021, masih lama dan dijamin mantap. Ada beberapa yang saya suka dari Ubuntu Mate ini, bahkan ketika saya baru pertama kali lihat. Diantaranya:

1#. Global Menu 
Fitur yang menurut saya akan sangat membantu sekali dalam pemakaian sebuah sistem operasi, dan akan menambah pengalaman yang lebih menyenangkan, sama seperti pada masa Ubuntu masih menggunakan Desktop Environtment Unity dulu.


2#. Brisk Menu
Ada banyak menu sebenarnya pada Ubuntu Mate ini dan bisa ditambahkan secara manual, dan yang paling saya suka adalah Brisk menu, karena tampilannya yang full screen, mengingatkan saya dengan Desktop Environment Unity. 


3#. Plank Yang Customable
Beda ceritanya dengan plank dari Elementary OS yang gak bisa customable dan gitu gitu aja sehingga saya harus ganti ke Docky, kali ini, pada Plank Ubuntu Mate, bisa diatur sesuai dengan keinginan kita, dan dengan adanya animasi yang membuat menggunakan linux serasa Mac itulah yang saya suka.


4#. Software Lengkap
Berbeda dengan Elementary Os yang harus melakukan instalasi secara manual baik itu VLC dan lainnya, pada ubuntu mate ini, hampir semua software penting sudah ada, misalkan saja VLC, Firefox, Rythmbox, GDebi Package Installer, Libre Office, sudah tersedia langsung bersamaan dengan os terinstal.


5#. Pilihan Wallpaper Banyak
Ini sih optional, namun semakin bagus dan banyak wallpaper bawaan dari linux menurut saya semakin keren saja. Dan pada Ubuntu mate ini pilihan wallpaper ada banyak.


6#. Mudah di Kustomisasi
Jika kamu melihat screenshot diatas, maka ini adalah bukan tampilan bawaannya, saya mengubahnya dengan Tema Mac beserta dengan Icon dan Cursornya, selain itu layoutnya bisa diubah dari Mate Tweak yang memang sudah disediakan, senangnya...


Pemakaian dan Review secara Mendalam akan saya share sekitar 1 bulan kemudian ya, sambil menunggu SSD yang saya pesan dari Aliexpress. jadi pastikan kamu Subscribe dan Bookmark Blog ini.

Sekian dan Terima Kasih.

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Nyoba Ubuntu Mate 18.04.2 Gila Keren Banget! - Maaf Elementary Os Aku Bakal Pindah Haluan"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel