Ubuntu Mate 18.04.2, Lebih Keren Dari Elementary OS

Sudah hampir beberapa tahun semejak saya mengenal dan menginstal Elementary OS, dan kali ini, akibat rekomendasi dari netizen saya mencoba sebuah Distro Linux baru, bernama Ubuntu Mate. Ubuntu MATE atau Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop MATE merupakan saudara dekat dengan Ubuntu, itu dikarenakan lingkungan desktop yang dipakai oleh Ubuntu MATE adalah hasil pengembangan dari lingkungan desktop GNOME 2 (gnome classic, yang sekarang lebih dikenal dengan GNOME Shell, atau GNOME 3) dimana Ubuntu “asli” telah mengadopsi semua teknologi desktop yang dibawah oleh GNOME 3, tentu dengan improvisasi.


Sebelumnya memang saya pernah menggunakan Ubuntu, namun hanya sebatas Ubuntu Gnome dan Unity saja, dan baru pertama kali ini saya menggunakan versi Ubuntu Mate. Dan setelah saya coba beberapa saat dengan menginstalnya di Virtual machine, ternyata lumayan juga.

Ada satu hal yang paling saya suka adalah, adanya Global Menu pada Ubuntu Mate ini, sesuatu yang sudah sangat jarang ditemukan didalam distro linux lain.


Semejak beralih dari Ubuntu Unity Unity ke Ubuntu Gnome, Global menu dihilangkan dan bisa dibilang langka disebagian distro linux, untuk sebagian penggemar linux, adanya Global menu itu bisa membantu memudahkan penggunaan linux itu sendiri. 


Selain itu adanya Plank membuat dock terlihat mantap, beda banget dengan Plank bawaan Elementary OS. Dilain tempat, Ubuntu Mate membawa banyak fitur berbeda dengan Elementary OS yang emang simple sejak lahir, namun dengan sedikit modifikasi mungkin ubuntu mate adalah sasaran saya untuk menjadikannya salah satu favorit saya kedepannya. 😁

Selagi menunggu paketan SSD dari AliExpress mungkin saya akan sedikit bersabar untuk melakukan instalasi secara asli kedalam laptop ini, dan mungkin akan menjadikan Ubuntu Mate ini sebagai pengganti Elementary OS yang akan berjalan berdampingan Dengan Windows 10 kedepannya, karena menurut saya ada beberapa hal yang gak bisa didapatkan di elementary os namun bisa didapatkan di Ubuntu mate ini. Stay Tune Review akan saya tulis 1 bulan kemudian.

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Ubuntu Mate 18.04.2, Lebih Keren Dari Elementary OS"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel