Samsung Galaxy A5 2016 Apa Masih Layak di 2019?

Sebagai pengguna Samsung Galaxy A5 2016, disini saya akan sedikit curhat tentang masalah keseharian saya dalam penggunaan perangkat ini, dan mungkin menjadikan referensi bagi kamu yang ingin mencoba perangkat keluaran 2016 ini.


Saya sudah menggunakan Samsung Galaxy A5 2016 ini selama lebih dari 1 tahun dan gak ada dana lebih buat ganti ke perangkat baru, meski saya pengen banget dengan Nokia 6.1 Plus yang punya body keren. Nah terpaksa deh saya bertahan dengan perangkat ini. Lalu apakah ditahun 2019 ini Samsung Galaxy A5 2016 ini masih layak untuk digunakan? Oke mari kita bahas.

Harga

Berdasarkan informasi dari Droidlime, Samsung Galaxy A5 2016 ini pertama kali dirilis dengan harga Rp5.299.000, bukan harga yang murah bukan, dan sekarang 3 tahun kemudian, jika kamu mencari 2nd di Olx atau di Bukalapak, harganya berkisar Rp1.600.000 - Rp2000.000, lumayan. 


Jika kamu melihat harga tersebut, bisa dibilang Samsung Galaxy A5 2016 adalah salah satu terbaik dikelasnya, pada masanya, meski sekarang sudah turun namun tetap saja dia adalah perangkat yang bagus, jadi jika kamu orang yang melihat harga, Galaxy A5 2016 adalah perangkat yang cocok untuk kamu beli saat ini. 

Spesifikasi

Secara spesifikasi, sudah lumayan menurut saya, dengan adanya prosesor octa-core 1,6 GHz Exynos 7580 dan RAM berkapasitas 2 GB. Sementara untuk ruang penyimpanan internal masih sama dengan storage 16 GB, yang masih ditambah dengan SDCard yang memang bukan Hybrid masih sangat cocok kamu gunakan, meski untuk game berat mungkin sekarang agak kewalahan, namun untuk menjalankan PUBG Mobile setingan Low masih cukup bagus kok. Untuk penggunaan sosial media sih sudah mumpuni banget. 


Selain itu Panel LCDnya sudah menggunakan Super AMOLED khas Samsung, dengan Ukuran 5.2 Inch Full HD 1920 x 1080 Pixel, sudah mantap sekali.


Fitur lainnya adalah Kamera sudah bagus dengan resolusi 16 MP dan depan 8 MP, kamera belakang sudah dilengkapi OIS dan tentunya gak goyang pas lagi rekam video. Spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat di GSMArena.

Build Quality

Rasanya gak usah dikatakan lagi deh, saya suka banget, bahan kaca dengan dilengkapi Gorilla Glass 4 depan belakang, dan bahan framenya itu Alumunium dijamin bikin kamu gak akan tampil jadul, secara tampilan masih oke dan masih kekinian, bahkan jika dibandingkan dengan Galaxy M20 dan Asus Zenfone Max Pro M2, menurut saya masih bagus Galaxy A5 2016 ini, beneran.


Konektifitas

Bicara soal konektifitas, perangkat ini sudah mendukung  LTE-A Cat6 300/50 Mbps yang tentunya ngebut, dan juga sudah mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, yang bahkan lebih cepet dibandingkan laptop saya, dan bagusnya sudah tersedia NFC, cocok banget dah, gak ketinggalan jaman.


Kekurangan

Ada beberapa kekurangan yang saya rasakan selama penggunaan ini, namun tentunya masih bisa kamu pertimbangkan, tergantung bagaimana kamu menggunakan perangkat ini, dan untuk apa, berikut kekurangan yang saya rasakan.
  • Battery Kurang Mantap
Sekarang kebanyakan Battery HP itu sudah 4000mAh dan untuk ukuran 2900 itu masih agak kecil dan agak boros untuk 2019, terutama penggunaan ketika membuka Instagram dan Facebook, wah boros banget dah.
  • Performa Kurang Greget
Agak lemot dibeberapa Game, dan aplikasi, pas loading animasi aplikasi terbuka agak memakan sedikit waktu, meski gak lama, namun ada jeda. Kasus hanya terjadi dibeberapa aplikasi berat saja, misalkan Bukalapak, dan Tokopedia.

Sisanya Oke, dan Mantap.

Kesimpulan

Selama saya menggunakan Samsung Galaxy A5 2016, sampai saat ini saya menulis artikel ini, menurut saya, perangkat ini masih sangat cocok digunakan, setidaknya sampai dua tahun kedepan, karena mungkin kedepannya Software dan aplikasi tidak akan support lagi dengan Android 7. Untuk tahun 2019 masih sangat cocok dan pantas kamu pertimbangkan jika ingin menggunakan Samsung Galaxy A5 2016!..

Sekian. Ada pertanyaan seputar Samsung Galaxy A5 2016? silahkan kolom komentar masih kosong.

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel