Kata Google, Tinggalkan Windows 7 dan Ganti Ke Windows 10

Jika kamu belu tahu, ada berita bahwa Google merekomendasikan pengguna Windows 7 untuk meningkatkan ke Windows 10, karena kerentanan kernel memungkinkan eskalasi hak istimewa lokal pada sistem operasi.


Clement Lecigne, Threat Analysis Group, menjelaskan bahwa pada akhir Februari, Google menemukan dua kerentanan keamanan yang berbeda, satu di browser Google Chrome dan satu lagi di Sistem operasi Windows. Meskipun Bug Chrome telah ditambal dengan dirilisnya update 72.0.3626.121, tetapi kelemahan keamanan Windows 7 masih belum diperbaiki.

Microsoft mengatakan kerentanan berada di driver kernel Windows win32k.sys dan itu dapat digunakan sebagai pelarian sandbox keamanan. Windows 10 tampaknya tidak terpengaruh, Google mengatakan, karena versi sistem operasi ini dilengkapi dengan mitigasi tambahan yang memungkinkan untuk memblokir eksploitasi.

“Kami sangat percaya kerentanan ini hanya dapat dieksploitasi pada Windows 7 karena mitigasi eksploitasi baru-baru ini ditambahkan dalam versi Windows yang lebih baru. Sampai saat ini, kami hanya mengamati eksploitasi aktif terhadap sistem Windows 7 32-bit, ” catatan Lecigne.

Peneliti keamanan Google mengatakan bug itu dilaporkan ke Microsoft dan Microsoft mengatakan kembali bahwa mereka akan memperbaiki masalah ini. “Sesuai dengan kebijakan kami, kami secara terbuka mengungkapkan keberadaannya, karena itu adalah kerentanan serius pada Windows yang kami tahu sedang dieksploitasi secara aktif dalam serangan yang ditargetkan. Kerentanan Windows yang belum ditambal masih dapat digunakan untuk meningkatkan hak istimewa atau dikombinasikan dengan kerentanan peramban lain untuk menghindari kotak pasir keamanan, ”berdasarkan advisory notes.

Sampai Microsoft memberikan perbaikan, satu-satunya cara untuk tetap aman adalah meng-upgrade ke Windows 10, kata Google. Ketika update tersedia, pengguna harus menginstalnya sesegera mungkin pada Windows 7.

Diluncurkan pada 2009, Windows 7 diproyeksikan mencapai akhir dukungan pada Januari 2020, sehingga pengguna rumahan dan perusahaan kini didesak untuk meningkatkan ke Windows 10 untuk terus menerima pembaruan keamanan.

Jadi jika kamu pengguna Windows 7, sudah siapkah untuk melakukan update ke Windows 10? harus sudah siap dong..

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel