Mengenal Fitur NFC

Sebagai pengguna lama Tcash dan Ovo, ada sebuah fitur tambahan yang optional bagi sebagain perangkat smartphone, dan kebetulan Samsung Galaxy A5 2016 saya mendukung fitur tersebut. NFC (Near Field Communication) atau komunikasi jarak dekat yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja. Dengan cara ini dua perangkat bisa berbagi file atau data tanpa harus dipasangkan lebih dulu, cukup dengan mengaktifkan fitur NFC kemudian mendekatkan kedua HP.



Fungsi NFC sudah lama ada dalam salah satu fitur Smartphone yang diperjual-belikan, namun saya jarang menggunakannya dan bahkan jarang sekali diperhatikan karena merasa tidak perlu. Namun seiring berjalannya dan berkembangnya teknologi pada Industri 4.0 ini penggunaan NFC semakin banyak digunakan.

Seperti disebutkan sebelumnya untuk berbagi data dengan NFC, cukup dengan mendekatkan dua perangkat saja. Namun tentunya keduanya harus memiliki fitur NFC didalamnya. Salah satu cara untuk mencek saldo Brizzi dan Saldo Flash pun bisa menggunakan fitur NFC ini, serasa ada dimasa depan, semuanya mudah sekali.

Jujur saja, mungkin generasi saya adalah yang paling banyak menerima perubahan, dimana waktu saya kecil sering berkirim surat kertas ke ibu saya di luar negeri, mulai masuk sekolah sudah ada Handphone Nokia dengan Signal terbatas di GPRS, dan pada saat saya masuk ke zaman SMP penggunaan Smartphone mulai dari Blackberry dan Sampai sekarang penggunaan Android, melihat fitur NFC serasa membuat saya tua sekali.

Di negara maju misalnya di Korea Selatan atau di Amerika, saya pernah melihat adegan pembayaran dengan hanya menggunakan handphone saja. Handphone di dekatkan pada mesin kasir, dan terbayar. Sekali lagi, biasanya fitur NFC diperlukan dalam handphone tersebut.

Adanya NFC dalam Smartphone merupakan salah satu langkah untuk kemudahan transaksi pembayaran. Selain itu untuk berbagi data seperti foto, file dan lainnya juga bisa dilakukan dengan NFC.

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Mengenal Fitur NFC"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel