5 Cara Mendisiplinkan Kehadiran Karyawan

Bagi perusahaan, karyawan merupakan aset dan komponen terpenting dalam mengembangkan usaha atau bisnisnya. Dengan demikian, perusahaan harus bisa memaksimalkan produktivitas dan performa karyawan dalam berbagai cara. Salah satunya adalah menerapkan disiplin dalam hal ketepatan waktu kehadiran karyawan dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan. 


Mendisiplinkan karyawan bukanlah pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam semalam. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa disimak untuk mendisiplinkan karyawan perusahaan Anda dengan cara simpel. 

Ruang Kerja Nyaman Dan Kondusif


Selain mendapatkan gaji yang besar, setiap karyawan pasti bermimpi memiliki ruang kerja yang nyaman dan kondusif untuk bekerja. Perusahaan dapat menciptakan ruang kerja yang santai dan dapat pula dengan memberikan kesempatan untuk bekerja fleksibel atau jarak jauh. 

Usahakan interior dibuat menarik dan indah agar memungkinkan karyawan berpikir imajinatif dan kreatif untuk memberikan inovasi dan ide baru bagi perusahaan. Bila perusahaan memiliki dana lebih, dapat pula menyediakan tempat hiburan yang dapat digunakan karyawan untuk menghilangkan rasa jenuh atau menghibur karyawan seperti tempat olahraga, spa, karaoke, dan lain sebagainya.

Jangan Terlalu Banyak Aturan


Banyak aturan yang mengikat karyawan bukanlah cara yang baik untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Karena justru dapat memperburuk suasana hati karyawan. Diketahui, bahkan karyawan milenial yang berusia muda, sangat tidak menyukai aturan yang terlalu mengikat dan terlalu banyak.

Perusahaan sangat disarankan untuk membuat peraturan yang tidak terlalu banyak dan tidak membatasi karyawan untuk kreatif dalam menyelesaikan tugas mereka. Usahakan membuat peraturan secukupnya dan membuat peraturan yang dapat membangun karyawan menjadi lebih kreatif.

Reward / Punishment


Setiap karyawan tentu ingin mencapai target tertentu demi mendapatkan bonus atau reward dan selalu berusaha menghindari punishment walaupun hanya hukuman ringan. Dari hal ini, perusahaan dapat menggunakan reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan. Sebaiknya perusahaan membuat reward yang tidak membuat karyawan tergesa - gesa dalam menjalankan tugasnya dan hanya berfokus pada target demi hadiah. 

Jangan pula memberikan punishment yang terlalu berat. Sebab, punishment yang terlalu berat dapat menjatuhkan mental bekerja karyawan. Oleh karena itulah, perusahaan diharapkan membuat punishment yang efektif namun berdampak pada kedisiplinan karyawan. 

Training Dan Refreshing Secara Periodik


Training dapat menjadi salah satu cara untuk dapat meningkatkan kemampuan karyawan terutama dari sisi kedisiplinan. Karyawan dapat dibekali informasi dan skill tentang kedisiplinan dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Selama kegiatan training dan refreshing (outing), karyawan bisa mendapatkan berbagai hal. Tidak hanya sekadar bersenang – senang atau berlibur, tetapi juga bisa mendorong karyawan saling termotivasi, menjaga kekompakan tim, dan lainnya. Kegiatan-kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi karyawan secara menyenangkan.

Penerapan Teknologi Dalam Pengawasan Karyawan


Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi dalam upaya meningkatkan kedisiplinan karyawan. Sebagai contoh, perusahaan dapat menggunakan aplikasi absensi karyawan dan lain sebagainya.

Perusahaan Anda dapat mempertimbangkan penggunaan aplikasi absensi karyawan untuk mendisiplinkan karyawan. Tidak ada lagi celah untuk melakukan kecurangan seperti “titip absen” karena software absensi atau aplikasi absensi berbasis teknologi modern dengan password yang hanya bisa diakses oleh si karyawan itu sendiri. Gunakan aplikasi absensi LinovHR untuk menunjang kebutuhan perusahaan Anda sekarang juga. 

LinovHR adalah perusahaan Software HR terbaik yang telah banyak digunakan oleh perusahaan besar yang ada di Indonesia, Hal ini karena LinovHR memiliki banyak Modul dan fitur yang dapat di andalkan.

Hubungi tim sales via +62 21 2854 2835 untuk trial dan uji coba LinovHR gratis

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "5 Cara Mendisiplinkan Kehadiran Karyawan"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel