Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Instal Flatpak di Elementary OS Juno!

Jika kamu adalah pengguna Elementary OS, sebelumnya juga saya pernah menjelaskan Cara Instal Flatpak di Linux!, dan disana tersedia juga cara instal flatpak untuk elementary os, namun bagi saya itu kurang familiar dan kurang cocok aja, terutama bagi pengguna linux pemula. Maksudnya adalah, untuk setiap instalasi flatpak apps misalkan saja Spotify, kita hanya bisa menginstalnya melalui terminal, dan banyak orang yang gak terlalu familiar dengan terminal di linux. 


Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi tips dan sebuah cara memaksimalkan flatpak di elementary OS layaknya menggunakan flatpak di ubuntu mate dan distro lainnya. 

Instal Gnome Software

Pertama dan terpenting adalah, kamu harus menginstal Gnome Software, karena Elementary OS berbasiskan Ubuntu 18.04, maka kita bisa langsung menginstal Gnome Software di elementary OS, caranya adalah masukan terminal command berikut di teminal elementary os. 
sudo apt-get install gnome-software

Jika sudah selesai, maka akan ada Gnome Software Center didalam Apps Launcher kamu.


Instal Flatpak Layaknya Di Ubuntu

Caranya sama seperti tutorial saya sebelumnya di Cara Instal Flatpak di Linux!, kamu hanya perlu mengikuti langkah langkah untuk Ubuntu Mate saja, dan hiraukan untuk Elementary OS, singkatnya adalah seperti ini. 

1#. Instal Flatpak 
sudo apt install flatpak
2#. Instal Plugin Gnome Software
 sudo apt install gnome-software-plugin-flatpak
3#. Masukan Repository
 flatpak remote-add --if-not-exists flathub https://flathub.org/repo/flathub.flatpakrepo

Selesai, sekarang kamu buka Gnome Software, dan lihat apakah ada aplikasi dari flatpak, misalkan saja Spotify dan Slack. Jika sudah ada, berarti kamu berhasil, dan kamu gak usah lagi menginstal Flatpak di elementary os dengan menggunakan terminal di linux.  


Bagaimana? mudah sekali bukan? semoga bermanfaat dan semoga berhasil ya kawan kawan semua. 
Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Tips Instal Flatpak di Elementary OS Juno!"