Beralih Kembali ke Firefox Setelah 5 Tahun Menggunakan Chrome! Berikut Alasannya!

Bisa dibilang saya adalah seorang pengguna Google Chrome yang benar benar suka dan jatuh cinta dengan browser tersebut, bayangkan saja, saya sudah lebih dari 5 tahun menggunakan Google Chrome, meski sempat beralih ke Opera selama beberapa bulan, namun tetap saja, selalu kembali ke Google Chrome. 


Awal Mula!

Pertama kali saya menggunakan browser adalah Firefox, mungkin saat itu masih firefox versi 6 atau 7 saya lupa, sekitar pertengahan tahun 2011, dimana saat itu saya baru menginjak kelas 3 SMP, dan pertama kalinya juga saya memiliki PC, ya semua sejarah dimulai dari Mozilla Firefox. 


Bahkan sampai tahun 2013 saya masih menggunakan Mozilla Firefox, seperti pada pin toolbar digambar diatas. (arsip lama).

Namun sekitar tahun 2014 Awal, saya mulai beralih ke Google Chrome, karena pada masanya Google Chrome menjadi lebih trending karena banyak ditanamkan fitur fitur keren didalamnya, selain itu banyaknya extensi membuat saya tertarik dan beralih dari Firefox ke Google Chrome. Dulu Chrome itu ramah akan RAM, bahkan di PC yang saya gunakan dengan 512 MB, Chrome masih berjalan dengan sangat baik dan lancar tanpa hambatan. 

Beralih Kembali!

Alasan kenapa saya beralih dari Google Chrome ke Firefox kembali menyangkut beberapa hal yang saya alami, dan diantaranya.

1#. Jati Diri

Jika dilihat dari sejarah, bisa dibilang saya adalah pengguna Firefox yang lupa pada kehebatan dan kesempurnaan dari menggunakan Firefox, terakhir kali saya mengunakan firefox itu adalah versi 25, dan sejak saat itu saya berhenti mengikuti perkembangan firefox, bahkan ketika saya menginstal linuxpun saya langsung menginstal Google Chrome atau Chromium Browser. 


Namun setelah beberapa lama saya menggunakan Chrome, dan saya beralih dari Windows 10 ke Linux untuk beberapa saat, disana saya menggunakan Firefox kembali untuk 1 bulan penuh, dan ternyata Firefox tidak banyak berubah, semuanya hampir sama dengan Firefox yang saya kenal dulu. 

2#. Fitur

Ada beberapa hal yang saya suka dari Firefox ini, dan sejak dulu tidak berubah, dimana fitur yang diberikan terkesan lebih stabil dan nyaman digunakan, Selain itu Extensi dan Tema yang diberikan juga banyak, Khusus tema, menurut saya memodifikasi Firefox lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan Tema di Google Chrome yang bisa dibilang gitu gitu aja.

3#. Performa

Ini adalah hal yang saya lupakan sejak lama, saya lupa bahwa Firefox adalah browser dengan performa terbaik dan terstabil dalam perkembangan Industri teknologi ini, dan ketika saya gunakan sekarang, bedanya dengan 2011 lalu itu hampir tidak ada, Managemen RAM sangat lebih baik dibandingkan dengan Chrome dan Opera, selain itu Performa untuk berpindah dari satu Tab ke Tab lain lebih smooth dan nyaman, apalagi dengan tampilan Tab Preview yang keren ini. 


Gambar diatas, adalah tampilan dari Tab Preview dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Tab di Firefox Quantum.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas, sebenarnya saya bukan baru pertama kali menggunakan Firefox, dan bahkan bisa dibilang adalah pemain lama, saya menggunakannya sejak versi 6, dan sampai sekarang dirilis Firefox Quantum. Untuk itu alasan lain kenapa saya pindah dari Chrome ke Firefox ini adalah, tentu saja Manajemen RAM, meski menggunakan RAM 12 GB, namun masa sekitar 3 GB harus digunakan oleh Chrome Sendiri, belum dengan Service dan Windows 10, untuk pemakaian sehari hari saya bisa menghabiskan 8 GB RAM, nah dengan digantinya Primary Browser ini, diharapkan akan menekan jumlah pemakaian RAM pada perangkat yang saya gunakan ini. 

Thats it, sedikit cerita kenapa saya beralih ke Firefox setelah 5 tahun menggunakan Google Chrome, kamu punya cerita menarik? silahkan komentar dibawah!

  

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Beralih Kembali ke Firefox Setelah 5 Tahun Menggunakan Chrome! Berikut Alasannya!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel