Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan FTP Server dengan Terminal Linux

Jika kamu adalah pengguna linux, kamu bisa secara langsung loh menghubungkan FTP Server kamu dengan hanya menggunakan terminal bawaan dari linux itu sendiri, jadi kamu gak usah lagi mendownload Filezilla atau sejenis FTP client lainnya.


Langkah Langkah

Pertama tama, pastikan kamu terkoneksi ke internet atau kedalam jaringan yang terhubung dengan FTP Server milik kamu, dan selanjutnya buka Terminal dan ketikan perintah berikut:
ftp <domain ftp server kamu>
Contoh ftp amaichan.com seperti gambar berikut.


Selanjutnya akan ada metode autentikasi, nah kamu masukan saja username dan password dari akun ftp kamu. Dan jika sudah kamu masukan, maka akan langsung terhubung dengan akun FTP kamu.


Jika sudah dalam masuk, kamu bisa melakukan semuanya, ya intinya adalah CRUD yaitu (Create, Read, Update and Delete). Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan Terminal sebagai media akses kedalam FTP server ini, dan diantaranya:

1#. Tanpa Software
Dengan menggunakan Terminal, kamu tidak usah repot repot untuk mendownload software ftp client, dan metode ini juga bisa digunakan disemua distro linux.

2#. Keren
Jika kamu menggunakannya ditempat umum dan dikelilingi orang orang gaptek, maka kamu akan terlihat handal sekali, padahal cuma pindahin data doang. :D

Kekurangannya hanya satu saja sih, untuk pemula kadang menggunakan CLI itu susah, namun jika ingin belajar semua juga bisa dilakukan deh.
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Menghubungkan FTP Server dengan Terminal Linux"