Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upgrade Filezilla di Linux!

Jika kamu adalah seorang pengguna filezilla, maka di Ubuntu Software Center  atau di App Center sejenis, hanya ada satu buah versi Filezilla, dan tentunya versinya agak kadaluarsa, yaitu versi 3.3xx, harusnya sudah ke versi 3.4xx.


Sebenarnya kita bisa saja menginstal paket filezilla melalui flatpak, namun di Elementary OS, button layoutnya malah jadi double, dan jadi gak enak dipandang saja. 

Nah cara paling efektif adalah dengan mendownload filezilla bawaan dari ubuntu software center itu sendiri, atau bisa menggunakan terminal command apt-get install filezilla, dan untuk masalah software version, kita bisa mengupgradenya secara manual. Dan berikut adalah langkah langkahnya. 

1#. Pertama kamu download Filezilla dari situs resminya.
2#. Setelah terdownload, kamu extract file arsipnya.


3#. Selanjutnya buka terminal dan masuk sebagai Root. Lalu masuk ke Folder yang tadi telah kamu extract.


4#. Selanjutnya, pastikan dulu kamu telah menginstal libpng terbaru di ubuntu kamu, cek menggunakan perintah terminal berikut:
sudo apt install libpng-dev

5#. Selanjutnya kamu masukan perintah berikut untuk menyalin semua isi dan folder dari file yang didownload dan di extract tadi kedalam folder /usr.
sudo cp -ravx * /usr/

Proses penyalinan akan berjalan, dan setelah selesai, silahkan buka aplikasi filezilla kamu, lihat pada bagian About, dan lihat versinya, harusnya dia sudah berubah menyesuaikan dengan penyalinan tadi. 


Nah bagaimana? mudah sekali bukan? kalo susah ya maklumi saja, karena memang linux itu tidak semudah Windows. 

Apakah kamu berhasil? berikan komentarmu dibawah!

Sumber : Ask Ubuntu
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Upgrade Filezilla di Linux!"