Cara Perbaiki Screen Flickering di Linux! - Masalah Driver Nvidia!

Setelah beberapa lama saya menggunakan Linux, ternyata saya baru sadar bahwa kadang layarnya itu gak smooth seperti di Windows, ya pada Elementary OS memang gak terlalu terlihat, namun ketika saya menggunakan Ubuntu Mate, dan Mint, maka akan terlihat lebih jelas. 



Setelah saya searching dan mengumpulkan berbagai informasi, ternyata screen flickering ini disebabkan oleh Driver Nvidia yang memang agak sedikit bermasalah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah ini, berdasarkan berbagai sumber yang berbeda. Dan diantaranya adalah:

1#. Masukan command berikut kedalam startup. Command ini adalah untuk memaksa Nvidia bekerja dalam full composite pipeline. 
nvidia-settings --assign CurrentMetaMode="nvidia-auto-select +0+0 { ForceFullCompositionPipeline = On }"


Dalam kasus saya, langkah pertama ini berhasil mengatasi masalah screen flickering, namun jika kamu tidak berhasil mengatasi masalah ini, silahkan lakukan langkah berikut. 

2#. Ubah di pengaturan Nvidia, dan aktifkan full compositing seperti pada langkah pertama, hanya saja dalam langkah ini dilakukan secara manual melalui settingan nvidianya. Langkahnya adalah sebegai berikut.



3#. Jika kamu belum berhasil mengatasi masalah ini, langkah yang paling saya sarankan adalah dengan menonaktifkan Nvidia drivernya, dan biarkan linux berjalan dengan graphic bawaan dari Intel. Langkahnya adalah sebagai berikut. 

Didalam Nvidia Settings, kamu langsung saja ganti pada Prime Setting dari Nvidia ke Intel, seperti pada gambar berikut. 


Selanjutnya Log out dan Log in akun di linux kamu, dan seharusnya masalah screen flickering sudah berhasil diatasi, namun jika masih ada, kemungkinan besar masalah disebabkan oleh hardware.

Itu saja, semoga berhasil guys. 

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Cara Perbaiki Screen Flickering di Linux! - Masalah Driver Nvidia!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel