Pemakaian RAM Windows 10 Semakin Boros!

Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman, dimana mungkin sebagian pengguna Windows 10 akan merasakannya, sebelumnya perlu diketahui saya adalah pengguna Windows 10 dan Linux secara bersamaan alias Dualboot, kadang saya beralih ke Linux dan Windows secara bergantian, namun selama saya menggunakan Windows 10, ada banyak sekali keluhan terkait manajemen memory yang buruk, dan berikut diantaranya akan saya bahas pada artikel kali ini. 


Baca Juga Beberapa Artikel Terkait Berikut:

Spesifikasi Yang Digunakan

Disini saya menggunakan Asus K401UQK yang reviewnya bisa kamu baca pada artikel berikut : Review Asus K401UQK


Dalam masalah memory atau RAM saya sudah melakukan Upgrade dari 4GB bawaan menjadi 12GB dengan konfigurasi Dual Channel.

Penggunaan Aplikasi

Kenapa penggunaan RAM pada Windows 10 bisa boros? padahal dari sekian aplikasi yang saya instal, enggak banyak juga, disini saya hanya menginstal aplikasi sekitar 28 (termasuk driver), dan 4 aplikasi dari Microsoft Store (Slack, Trello, Aida64, CrystalDiskMark).


Dalam keseharian saya, hanya ada beberapa aplikasi saja yang saya buka, dan diantaranya adalah.
  1. Trello (Untuk Management Kerja Tim) #Kadang Dibuka jika ingin digunakan
  2. Slack (Untuk Komunikasi Antar Tim) #Selalu saya buka, dan berjalan di Background
  3. ExpressVPN (Untuk keamanan didalam jaringan public) #Kadang dibuka jika terkoneksi ke Wifi Publik.
  4. Visual Studio Code (Untuk Ngoding) #Kadang saya buka ketika ingin ngoding dan ngerjain project.
  5. Firefox (Dibuka sekitar 3 -5 Windows dengan masing masing Tab 4 - 10) Untuk keperluan menulis, cari referensi, dan lainnya.
  6. Filezilla (Dibuka jika VSCode juga dibuka)
Dari sekitar 6 Aplikasi yang saya buka, tidak termasuk Antivirus, dan beberapa service Windows 10, dia paling memakan RAM antara 3 - 4 GB saja, namun ketika saya buka di Task Manager, pemakaian RAM bisa sampai 8 - 9 GB. 


Nah bisa dilihat kan. Dan satu lagi, ketika pertama kali System dinyalakan, Windows 10 Sudah memakai sekitar 2 - 3 GB untuk system saja. semakin lama system berjalan tanpa di Reboot, maka pemakaian RAM akan semakin besar juga.


Diatas adalah gambar, dimana pertama kali laptop saya dinyalakan, hanya ada beberapa aplikasi yang berjalan di startup, (antivirus, picpick, dan onedrive) sisanya system Windows 10 itu sendiri, bisa dilihat berapa pemakaian RAM nya.

Saya sebagai pengguna Windows sejak Windows Xp Dirilis, agak sedikit kecewa dengan performa dan manajamen memory Windows 10 yang buruk, jika dibandingkan dengan Windows 7, Windows 10 masih kalah jauh dalam hal manajemen memory, apalagi jika dibandingkan dengan Linux, Windows tentunya kalah sangat jauh. 


Diatas adalah pemakaian RAM dengan aplikasi yang dibuka sama dengan apa yang sudah saya sebutkan tadi, bedanya saya buka di Linux Elementary Os. 

Perkembangan Windows Kedepannya?

Tidak ada kepastian bagaimanakah perkembangan kedepannya, sebagai pengamat teknologi, sekaligus pengguna dan penggemar Windows 10, meski setiap tahun Microsoft merilis versi Windows 10 baru, namun tidak ada satupun yang benar benar memperbaiki masalah dalam manajemen memory yang buruk ini.

Bayangkan saja jika kamu menggunakan RAM 4GB di Windows 10, saya rasa akan kesulitan untuk melakukan Multitasking, karena memang pemakaian RAM yang boros ini. Untuk masalah RAM ini, kamu bisa baca pada artikel berikut : RAM di Tahun 2019?

Itu saja sedikit pengalaman dan keluhan saya terhadap manajemen memori yang buruk pada Windows 10 ini, setiap saat ketika Microsoft merilis Cumulative Updatenya, saya selalu berharap bahwa akan ada perbaikan Patch untuk memperbaiki algoritma dari pemakaian RAM yang berlebih di Windows 10, namun masih belum ada sampai sekarang. 🤦‍♂️

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Pemakaian RAM Windows 10 Semakin Boros!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel