Review dan Pengalaman Menggunakan Elementary OS Juno

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa saya sangat suka dengan Elementary OS, ada beberapa poin yang saya suka dan diantaranya ada tampilannya yang simpel dan mirip dengan mac, dan oleh karena itu kali ini saya akan membuat review singkat Elementary OS juno yang sudah saya gunakan lebih dari 4 bulanan ini.


Tampilan

Tampilan yang dibawa oleh elementary os adalah menggunakan GUI dari pantheon, salah satu gui yang menurut saya simpel dan mudah digunakan. Dibandingkan dengan elementary OS Freya dan Loki, Elementary Os juno ini membawa tampilan yang lebih di rapikan lagi demi menambah kenyamanan pengguna.


Menu About dirubah dengan menampilkan informasi lengkap dari spesifikasi pc yang digunakan.



Night Light : Fitur Baru di Linux Elementary

Windows, dan Mac sudah menerapkan Night Light pada system operasi mereka, dan akhirnya setelah lama saya menunggu fitur ini, Elementary OS menambahkan juga fitur night light ini.


Kalian bisa mengaksesnya di Setting > Display > Night Light. Namun meskipun sudah ada fitur ini, kemungkinan besar, pengguna akan sangat jarang menggunakannya, karena bagi saya sendiri dengan mengaktifkan fitur ini bisa memberikan pengalaman menggunakan elementary os menjadi berbeda.

Fitur Location Service, dan Fitur Baru Lainnya.


Fitur housekeeping itu kalo diwindows kayak Disk Cleaner, dengan HouseKeeping kita gak usah menginstal aplikasi pembersih temporary dan cache lagi. Namun untuk pembersihan maksimal, saya lebih tetap suka menggunakan app bername Optimizer, karena dia secara desain khusus dibuat untuk Elementary OS, dan pembersihannya maksimal.

Locations Service adalah sebuah layanan untuk mengijinkan aplikasi mana yang kita ijinkan untuk mengakses lokasi di linux kita.


Ringan

Elementary OS ini masih ringan, selama saya menggunakan elementary os ini meski di virtual machine tetap saja ringan, jika Windows seringan ini saya akan jatuh cinta sekali dengan Windows. Namun apalah daya, Windows semakin hari semakin memakan banyak sumber daya, dalam pengalaman saya sehari hari menggunakan Windows 10 vs Elementary OS, pemakaian RAM pada Elementary OS 3x lebih ramah dibandingkan Windows.

Wallpaper Baru

Ada banyak pilihan wallpaper baru di Elementary OS Juno ini, kalian bisa langsung aja cek di setting,  desktop dan wallpaper.


Namun meskipun begitu, saya lebih suka menggunakan Wallpaper Minimalis dan solid.


Stabil

Yang saya rasakan selama menggunakan Elementary OS Juno, dibandingkan dengan pendahulunya saya sangat jarang menemukan adanya error atau aplikasi crash, semuanya dirasakan stabil sampai saat ini. Padahal saya sudah mengoprek beberapa komponen seperti Plank, Theme dan icon.

Ya btw, dilinux itu jika kita benar menginstal dan mengkonfigurasi apa yang akan kita pasang, linux akan stabil, namun jika gagal dan misalkan repository yang digunakan tidak sesuai, maka error bisa saja terjadi, ya intinya, dilinux, gimana usernya aja. 

Kesimpulan

Berdasarkan artikel diatas, maka dapat disimpulkan, Elementary OS membawa banyak perubahan dan fitur baru, baik dari segi tampilan, performa, kestabilan, dan lainnya, jadi sangat cocok digunakan jika kalian merasa bosan dengan distro linux lain, dijamin deh kalian bakal susah move on kalo udah pake linux ini.

Btw saya sudah memberikan pembahasan mengenai Elementary OS ini dalam artikel yang terpisah, check this out guys.
 Untuk Tutorial kamu bisa masuk ke segment terpisah, baca juga :Empat Alasan Kenapa Saya Lebih Pilih Linux dibandingkan Windows 
 
Thats it guys, semoga artikel yang saya berikan menarik dan enak dibaca. 

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Review dan Pengalaman Menggunakan Elementary OS Juno"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel