Kenapa Saya Suka Elementary OS

Sebagai pengguna dan pecinta Window 10 yang rela mengeluarkan uang demi lisensi Originalnya, saya tetap masih cinta dengan Linux, baik Mint dan Ubuntu, namun ada satu distro linux yang tetap utama dihati ini. Elementary OS


Ada beberapa alasan kenapa saya jatuh cinta dengan distro linux ini, dan yang paling saya kagumi adalah performa dan tampilannya keren banget guys.

Pertama kali saya mencoba linux adalah linux ubuntu versi 10 kalo gak salah ya, itu juga sempat mengakibatkan sebuah insiden kecil dimana seluruh data saya terhapus. dan selama bertahun tahun saya menggunakan linux, saya menemukan sebuah distro baru yang bernama Elementary OS Freya, yang saat itu masih versi 0.3.

Tampilan Mirip MacOS

Ya saya adalah salah satu penggemar Mac Os yang gak punya duit buat beli perangkat apple, kecuali apple iphone 5s yang saya beli ditahun 2017, kenapa saya suka? karena Mac berbasis Unix, dan banyak software yang disupport untuk mac, misalkan saja Microsoft Office, atau Adobe Photoshop, dua software andalan saya untuk nugas dan nulis, selain itu adanya XCode yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi IOS.



Nah sayangnya karena gak kebeli tuh MacBook atau sejenisnya saya cuma bisa meratapi dan mengulik apa yang ada di internet, mulai dari nyoba Hackintosh Yosemite di Acer E1-470 saya, dan akhirnya saya menemukan Elementary OS ini, karena memilki tampilan yang sedikit mirip dengan Mac jadi saya suka.




Gratis

Gak usah dibandingin dengan Mac dan Windows, OS ini tentunya Gratis. karena Open Source.



Ringan

Performa yang diberikan ringan banget, berbeda ketika menggunakan Kali Linux, dan Ubuntu Gnome, karena mungkin GUI yang digunakan ini berpengaruh besar terhadap performa linux, dan karena itu saya memfavoritkan Pantheon dalam jajaran GUI Favorit saya untuk Linux.

Turunan Ubuntu

Elementary OS berbasis pada Ubuntu, untuk sekarang dia berbasis pada ubuntu 18, dan tentu saja karena berbasis ubuntu semua software ubuntu bisa digunakan di Elementary OS ini, selain itu kakek dari Elementary OS adalah debian, dan tentu saja semua software dari debian pun bisa berjalan dengan baik di elementary os ini.


Stabil

Selama saya menggunakan Linux menurut saya Elementary OS masuk kedalam jajaran linux paling stabil yang pernah saya coba, jarangnya ada error, bug dan sebagainya membuat saya makin suka dengan elementary os ini.


Software

Ada banyak sekali software yang memang dirancang untuk Elementary OS ini, dan gak bisa didapatkan di linux lain, misalkan saja Eddy, dan Optimizer, kedua apps ini gak bisa kamu temukan di apps center lain selain dari elementary os. 


Selain itu, saat pertama kali instalasi Elementary OS, tidak banyak software bawaan, bahkan Office sekalipun, dan ini menjadi poin penting, dimana kadang ada banyak aplikasi yang useless dan gak digunakan juga. 

Keyboard Shortcut Familiar

Saya sangat suka dengan kombinasi keyboard pada elementary os, misalkan saja kita ingin pindah workspace, hanya cukup menekan tombol Win + Tab, atau juga ingin membuka Applications Menu, cukup saja tekan Win + Space. 


Selain itu, jika kmau tidak mengetahui tombol kombinasi, cukup saja tekan Windows, dan akan muncul informasi tentang tombol kombinasi. 

Nah sampai saat ini, setelah saya mencoba beralih ke Ubuntu Mate, saya tetap tidak bisa mengalihkan pandangan saya terhadap kecantikan dan fungsi dari elementary os ini, karena menurut saya, Elementary OS adalah Distro Linux terbaik untuk digunakan sehari hari.

0 Response to "Kenapa Saya Suka Elementary OS"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel