Empat Alasan Kenapa Saya Lebih Pilih Linux dibandingkan Windows

Berawal dari pertama kali saya pake Linux Ubuntu 10 beberapa tahun lalu, sampai sekarang saya kecanduan untuk terus menggunakan linux, meski Windows 10 saya udah beli dengan harga yang gak murah juga. Nah kali ini dengan hal tersebut, saya akan sedikit memberikan Empat Alasan Kenapa Saya Lebih Pilih Linux dibandingkan Windows, dan mungkin jika kamu pengguna linux, maka sedikit akan mengalami hal yang sama.


Linux Lebih Kompleks 

Linux lebih kompleks dan rumit daripada sistem operasi Windows atau OS X. Pada awalnya saya merasa linux itu susah banget, karena untuk instalasi softwarenya sendiri gak mudah, dan harus manual melalui terminal, namun seiring berjalannya waktu, setelah mencoba beberapa distro linux seperti Ubuntu, Redhat, Arch dan lainnya, menggunakan linux itu sama mudahnya seperti menggunakan Windows, namun memang untuk orang yang pertama kali pake itu akan kurang betah menggunakannya.


Selain itu yang saya rasakan, menggunakan terminal di linux lebih powerfull jika dibandingkan dengan CMD di Windows, karena bahkan saya jarang buka file via explorer, dan lebih sering membukanya via terminal.

Jarang Digunakan

Banyak teman saya adalah pengguna Windows, baik Windows 7, dan 10, namun gak ada satupun dari mereka yang suka linux, kecuali salah satu sobat saya Stenly dari Papua, dia Pake Linux Mint dalam kesehariannya. Dengan hal ini, bisa dibilang linux jarang digunakan, kecuali oleh orang yang benar benar melek akan teknologi apalagi seputar sistem operasi, Ketika saya nongkrong di kafe buat internetan, dan saya pake linux, otomatis orang disebelah saya agak kepo dengan OS yang saya gunakan.


Stabil

Saya sudah membahasnya pada artikel Linux Bahkan Lebih Stabil Dibandingkan Windows 10 October 2018 Update. Dan tentu saja akan saya katakan lagi, menggunakan linux itu jarang ada error selama konfigurasi yang kita gunakan tepat, bahkan ketika memodifikasi system itu sendiri, selama tepat gak akan ada namanya error dah.

Gratis

Jelas, dengan gratisnya linux bisa mengurangi pembajakan seputar system operasi, namun tentunya meski gratis tetep aja sebagian orang gak suka, padahal jika pengguna android sadar, didalam android itu sendiri berjalan kernel yang mirip dengan linux. Bahkan file systemnya juga mirip mirip.

Selain empat alasan tersebut saya rasa semuanya sama saja dan gak ada bedanya seperti alasan kenapa saya pake Windows, karena memang untuk masalah User Experience bisa berbeda beda, namun menurut saya menggunakan Linux dibandingkan Windows lebih menyenangkan, terutama pake Elementary OS, Kamu bisa baca juga Kenapa Saya Suka Elementary OS.

Thats it, mungkin kedepannya akan ada yang baru mengenai hal ini, jadi pastikan stay tune diblog ini ya. 😉

0 Response to "Empat Alasan Kenapa Saya Lebih Pilih Linux dibandingkan Windows "

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel