Upgrade RAM Lagi! - Asus K401UQK

Setelah kemarin saya menulis sebuah artikel berjudul Upgrade RAM atau SSD? Mending Pilih Mana? (di Winpoin), nah kali ini saya sendiri yang upgrade RAM... lagi.

Sebenarnya saya sudah melakukan upgrade ke 12 GB pada tahun lalu, tepatnya sekitar bulan januari 2018, saya menambah 8 GB, sehingga total menjadi 12 GB, karena 4GB bawaan sudah si solder/onboard. Namun meski dengan 12GB dalam pekerjaan saya sehari hari, itu ternyata pemakaian RAM tersebut masih kurang, kadang prosesnya bisa sampe memakai 99% dari penggunaan RAM. Luar Biasa.

Bisa dilihat pada gambar diatas, dia sampe memakan 12/12 GB ram, nah dikarenakan hal tersebut, demi kelancaran dan kenyamanan saya dalam melakukan multitasking, karena memang saya suka banget buka banyak aplikasi, virtual machine, dan lainnya, demi masalah pekerjaan dan kuliah saya, maka saya harus meningkatkan kembali kapasitas RAM pada laptop saya ini. 


Biasanya pada Workspace di Timeline saya bisa menggunakan sekitar 4 -9 workspace dengan masing masing membuka aplikasi yang memakan banyak ram, ya misalkan saja Firefox, Chrome, Virtualbox, dan lain lainnya. 

Upgrade Berapa GB?

Karena saya sebelumnya mengunakan 8 GB, saya sekarang menggunakan 16 GB, andai jika RAM bawaan itu 8 GB, maka saya mungkin sekarang gak usah upgrade lagi, karena sudah mencukupi kebutuhan saya. 


Disini saya menggunakan RAM dari Team Elite berukuran 16 GB, dengan kecepatan 2400 Mhz, sesuai dengan spesifikasi dari RAM Onboard. Btw diatas itu bungkusnya Team Elite, tapi isinya VGen, karena merek RAM 8 GB sebelumnya itu VGEN, mungkin saya akan jual RAM lama tersebut. 

Instalasinya sendiri mudah sekali, tinggal bongkar laptop saya, dan pasang pada slot yang disediakan.


Peningkatan Performa

Peningkatan yang saya rasakan untuk saat ini masih belum ada ya, karena memang sekarang hari libur, dan hari libur paling saya buka browser sama nonton anime doang, kerjalah di hari kerja, itulah prinsip saya. Namun untuk pemakaian harian ala orang normal, Membuka Firefox untuk nulis disini, Notepad untuk nulis juga, dia memakan sekitar 5 GB, ini belum termasuk aplikasi yang saya pernah sebutkan pada artikel Pemakaian RAM Windows 10 Semakin Boros!.


Memang ini Windows 10 kenapa dia boros RAM banget. 

Kesimpulan

Mungkin sebagian orang akan bilang, buat apa RAM gede gede kalo gak kepake, nah memang sih, itu semua tergantung pandangan masing masing, dalam beberapa kasus 8 GB aja udah cukup banget, namun kadang ada yang sampe 32 GB aja masih merasa kurang, dan untuk pekerjaan saya yang memang sebagai seorang penulis, sekaligus seorang programmer, yang diharuskan multitasking dalam perangkat saya, maka penggunaan RAM yang besar itu akan mendapatkan nilai lebih, Btw selama apa yang digunakan itu mendapatkan Value yang setimpal, saya rasa tidak masalah, Balik lagi ke Quotes saya di artikel sebelumnya " Karena apalah arti mesin yang maksimal jika tidak ada value yang didapatkan. ".

Thanks.

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Upgrade RAM Lagi! - Asus K401UQK"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel