Review Asus K401UQ - Desain Tipis Bertenaga

Selama saya memasuki jenjang perguruan tinggi, selama tiga 2 tahun saya masih menggunakan Laptop dengan Spesifikasi Low End sebagai media penunjang pembelajaran, dimana saya masih menggunakan Acer E1-470 saat itu, dengan spesifikasi Intel Core i3217u dan RAM yang sudah saya upgrade ke 8 GB, dan Hardisk 1 TB. sudah cukup mumpuni jika digunakan dalam penggunaan Ngoding ringan, namun masalah muncul ketika saya harus membuat aplikasi Mobile.

Intro

Karena spesifikasi yang digunakan tidak bisa memenuhi kebutuhan saya untuk belajar dan meningkatkan produktivitas, akhirnya saya memutuskan untuk upgrade laptop. berhari hari saya mencari informasi tentang laptop dengan spesifikasi intel core i5 dan ram minimal 4 Gb, yang disertai dengan dedicated graphics, akhirnya saya jatuh cinta dengan Asus K401LB.


Saya menemukan laptop ini di OLX dengan harga sekitar 5.6 Jt, di daerah bandung, karena harganya yang lumayan murah dan bisa diandalkan dengan spesifikasinya, saya memutuskan untuk melakukan COD alias Cash on Delivery, sekaligus memeriksa kondisi laptop tersebut. 

GAGAL BELI!!!!

Hal yang saya lakukan pertama kali saat melakukan cek adalah melihat kondisi fisiknya, namun saat saya membuka laptop terasa sangat ringkih, bagian layarnya terasa tidak enak untuk dibuka, dan dengan itu saya tidak jadi membeli laptop asus K401LB, gagal deh...

Lanjut. Setelah selesai mencari alternatif lain saya masih tetap jatuh cinta dengan Asus K401 namun dengan varian UQ alias K401UQ karena sudah menggunakan processor terbaru generasi 7 dan RAM DDR4, yap saya langsung deh mengumpulkan kembali uang buat menambah dana, dan akhirnya saya langsung berangkat ke salahsatu tempat penjualan PC dan Laptop terbesar di bandung yaitu Bandung Electronic Center.




Akhirnya saya membeli Laptop Asus K401UQ dengan harga 8 juta pas.
Berikut spesifikasi laptop tersebut :


 Processor
Intel Core i5 7200U 2 Core 4 Thread, 2.7 Ghz upto 3.1 Ghz.
 RAM (sudah di upgrade)
12 GB DDR4 2400Mhz (Originalnya 4 GB)
 Storage (sudah di upgrade)
 SSD Samsung Evo 850 (250Gb) (Originalnya 1TB HDD)
 Display
 14 inch resolusi (1920x1080)
 VGA
 Intel HD 520 + Nvidia GeForce 940Mx
Port 
2 x usb 3, 2 x usb 2, 1 hdmi, 1 port RJ45, 1 x port audio jack, 1 SD Card Reader.

Tampilan, Layout, Port






Desainnya sudah saya tempel dengan Garskin biar aman, sayang kan, laptop baru takut lecet. :D lalu saya tambahkan beberapa stiker penunjang biar terlihat anak IT banget.

Sistem Operasi


Buat sistem operasi yang saya gunakan adalah Windows 10 Pro, yang tentu saja original, nah jika kalian membeli laptop asus baru untuk bulan juni 2018 sampai sekarang, semuanya rata rata sudah bundle dengan OS Windows 10 Home, namun pada saat saya membeli laptop ini, sistem operasinya masih DOS alias masih ksosong, dan terpaksa harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli sistem operasi.


Performa

Saya paling sering menggunakan laptop ini untuk ngoding menggunakan Netbeans, Android Studio, dan Sublime Text, namun terkadang saya sering melakukan Editing Foto karena saya bekerja sebagai Freelancer untuk pembuatan Desain dan Edting Video Juga, paling sering saya menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Premiere Pro. 

Untuk pemakaian harian, Editing dan Coding, dengan RAM 12 Gb sangat cukup untuk melakukan multitasking dengan baik, dimana gak ada lag sedikitpun, apalagi ditunjang dengan SSD yang memang sudah teruji dengan kecepatannya yang sangat handal. Namun pada pertama kali saya gunakan, dengan RAM 4 GB dan HDD 1 TB wah gila, lambat banget, gak enak pokoknya, bahkan untuk membuka 1 tab chrome dan menjalankan sevice dari Oracle Database pun lambatnya minta ampun.

Baca Juga: Hands On SSD Samsung Evo 850 - ASUS K401UQ

Selain itu akhir akhir ini saya sering main PUBG Mobile dengan emulator, dan performanya juara, namun kadang panas juga, karena desain laptop ini yang tipis.

Kalo untuk game PUBG di PC laptop ini masih kurang bagus untuk menjalankannya, sayangnya saya sudah beli juga PUBG di PC karena saya kira bakalan bagus di laptop ini, ahhh sayang banget.

kalo untuk game ringan kayak Dota 2 dan Men Of War 2 masih sangat mumpuni.

#Update 8 Maret 2019

Karena game PUBG Lite sudah dirilis, tentu saja bermain game tersebut di laptop ini sudah sangat mumpumi banget, namun tentu saja saya gak pernah menyarankan menggunakan laptop ini untuk bermain game.

Kesimpulan.

Laptop Asus K401UQ ini sangat bagus untuk digunakan untuk kerja dan belajar, juga editing seperti pembuatan video dan foto, karena sudah menggunakan Processor Core i5 dan VGA NVidia, dan juga ditunjang dengan Panel 1080p sehingga layar lumayan luas untuk digunakan editing. Namun jika menggunakan software Editing terbaru, misalkan adobe cc maka performanya tidak akan sebagus dan sebaik yang kalian kira, jadi saya sarankan untuk menggunakan software editing yang lebih lama. untuk ulasannya kalian bisa baca pada artikel ini.

Penilaian pribadi saya terhadap laptop ini adalah 8/10.



0 Response to "Review Asus K401UQ - Desain Tipis Bertenaga"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel