Storage 128 GB Untuk Windows 10! Cukupkah?

Beberapa waktu lalu saya sempat menulis pengalaman saya seputar pengunaan Windows dan SSD di Windows Portal Indonesia, kamu bisa baca di halaman berikut, Disana ramai sekali perbincangan yang berkaitan dengan SSD, nah kali ini, saya akan sedikit bahas seputar SSD juga, namun bedanya kali ini, saya akan fokuskan sebagai media penyimpanan saja dan tidak akan berkaitan dengan kecepatan!



Sekedar catatan, disini adalah sepenuhnya pandangan saya pribadi ya, makanya saya upload di blog saya ini. hehehe 😁

Apakah SSD 128 GB Cukup?

Ada beberapa yang bertanya kepada saya baik di Facebook atau di Twitter, apakah SSD 128 GB cukup? maka jawabannya adalah, Ya!. Kenapa? mari kita bahas. 

Catatan : Disini saya akan mulai menghitung SSD 128 GB sesuai dengan Actual Sizenya, yaitu 117 GB, tergantung merek bisa beda dan disesuaikan saja.

1#. Kebutuhan Windows 10


Windows 10 sendiri membutuhkan sekitar 15 -20 GB penyimpanan, tergantung dari edisi apa yang digunakan, dalam kasus saya sendiri, Windows 10 menggunakan 18 GB penyimpanan, belum termasuk Page File dan System Restore yang akan dibuat secara otomatis oleh Windows. Jika dihitung termasuk Page File dan System Restore ya sekitar 30 GB, dengan ini dari 117 GB - 30 GB = 87 GB. Dengan ukuran segitu, masih cukup untuk memasukan banyak aplikasi didalamnya. 

2#. Kebutuhan Software


Anggap saja, kamu membutuhkan beberapa software standar, misalkan Office 2019, VLC, Aimp, Google Chrome, dan Beberapa Driver (seperti NVidia, Intel HD, dan lainnya) semua software Basic tadi tidak akan menghabiskan lebih dari 30 GB, ya pahitnya kita hitung saja jadi 35 GB. Bahkan saja saja hanya menggunakan 15 GB Penyimpanan loh. 


Namun mari kita hitung dari pahitnya, 87 GB - 35 GB = 52 GB. Hasilnya masih sisa banyak banget. 

Kesimpulan

Jika kamu hanya menggunakan SSD sebagai media penyimpanan System dan Software Basic, 128 GB udah cukup banget, selain itu, misalkan kamu menggunakan Overposioning pada SSD anggap saja 30% dari 117 GB yaitu 35.1 GB, maka masih tersisa 16.9 GB, yang jika dikalkulasikan untuk media penyimpanan sementara, itu masih cukup banget, ya kecuali kamu memang menggunakan SSD ini sebagai media penyimpanan data seperti film dan sebagainya, tentu saja gak akan cukup. 

Bagaimana menurutmua? apakah cukup apa tidak? berikan alasanmu dibawah jika merasa tidak cukup, karena bagi perangkat saya udah cukup banget, dari 200 GB saya cuma pake 40 GB loh. 



Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Storage 128 GB Untuk Windows 10! Cukupkah?"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel