Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Atasi Laptop Nyala Sendiri Dalam Keadaan Sleep

Beberapa waktu lalu, laptop saya mengalami sebuah masalah dimana laptop tiba tiba nyala setelah beberapa menit masuk kedalam mode Sleep, meski layar laptop ditutup dia tiba tiba menyala tanpa ada input yang saya lakukan, entah itu mouse terklik, keyboard yang tertekan, atau hal lainnya, sehingga dengan itu mesin berjalan layaknya sedang bekerja, tentu saja dengan ini, otomatis battery akan terkuras dan laptop jadi panas, terutama jika layar dalam kondisi tertutup. 



Masalah ini saya alami di Windows 10 May 2019 Update, dan sempat beberapa waktu lalu ketika menggunakan Windows 10 1809 masalah ini juga muncul dan menjadi masalah utama laptop saya. Dan dikarenakan masalah tersebut, pada artikel kali ini saya akan sedikit merangkum sekaligus melakukan investigasi lebih mendalam terkait bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah langkah langkah yang saya coba lakukan. 

Perbaiki Lewat Device Manager

Pada langkah ini, yang saya lakukan hanya mencoba menonaktifkan "Allow this device to wake this computer" yang tersedia di perangkat Mouse atau Keyboard pada Device Manager, dan langkah ini berhasil mengatasi masalah saya ketika waktu itu saya menggunakan Windows 10 1809 (October 2018 Update), berikut adalah langkah singkatnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu masuk ke Device Manager


2#. Didalam properties dari hardware (baik itu Mouse atau Keyboard), silahkan kamu klik dan masuk ke menu > Properties > Power Management, selanjutnya silahkan hilangkan ceklis pada "Allow this device to wake this computer."


Setelah selesai, silahkan klik OK dan simpan perubahan, semoga saja masalah teratasi dengan menggunakan langkah diatas. 

Perbaiki Lewat Group Policy Editor

Jika langkah diatas mengalami kegagalan, dan perangkat masih memiliki masalah, silahkan kamu coba perbaiki melalui Group Edit Policy (Group Policy Editor), namun pastikan bahwa kamu menggunakan Windows 10 versi Pro, karena jika versi Home, opsi ini tidak akan tersedia. 

Pada dasarnya langkah ini kita akan memperbaiki masalah dimana laptop nyala dalam keadaan sleep dikarenakan Windows Update yang mempengaruhi Power Managermen System, dan bagi kamu yang penasaran, berikut saya rangkum langkahnya.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu masuk ke "Group Policy Editor" atau Edit Group Policy, ketikkan saja Edit Group Policy di Search bar atau di Start Menu. 


Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu masuk ke directory " Admininstrative Template > Windows Component > Windows Update > Enabling Windows Update Power Management To Automatically Wake Up bla bla bla. " klik Edit. 


Langkah 3. Selanjutnya didalam setting Enabling Windows Update Power Management To Automatically Wake Up tadi, ubah dari Not Configured ke Disabled. Lalu klik Oke dan simpan saja. Setelah selesai, pastikan reboot untuk menyimpan konfigurasi dengan maksimal. Dan dengan itu semoga saja masalah berhasil diatasi. 

#Update 23 Juli 2019

Matikan Task Scheduler

Setelah beberapa lama dan setelah update ke Windows 10 1903 May 2019 Update, ternyata laptop saya menjadi menggila kembali, tiba tiba dia selalu bangun sendiri ketika saya sedang tertidur dimalam hari, dan setelah beberapa lama saya coba ulik kembali, mencari berbagai referensi, akhirnya perbaikan masalah ternyata ditemukan juga. 

Dan bagi yang penasaran, berikut  adalah langkah yang saya coba lakukan untuk memperbaiki masalah laptop bangun sendiri ini. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Command Prompt as Administrator. 

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu ketikkan perintah berikut :

powercfg /waketimers
Gambar. 1. Masalah

Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, ternyata yang menjadi masalah pada laptop saya adalah adanya service task scheduler (Universal orchestrator start) yang berjalan secara otomatis.

Namun sayangnya ketika saya mencoba mematikan task scheduler untuk Universal Orchestrator ini, dia tidak bisa, karena kita tidak memiliki akses sebagai super user, bahkan ketika saya mencoba menggunakan akses as administrator sekalipun.


Namun karena saya adalah orang yang pantang menyerah, saya coba perbaiki dengan mengakalinya menggunakan sebuah tools yang bernama PSTools yang dapat kamu download langsung dari halaman resmi Microsoft. Berikut adalah link Downloadnya. 


Sedangkan untuk memperbaikinya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu Extract file yang sudah kamu download sebelumnya. 

Langkah 2. Silahkan kamu buka Command Prompt as Administrator, lalu masuk ke lokasi dimana PSTools yang telah di Extract tadi berada. 



Langkah 3. Selanjutnya silahkan kamu masukkan perintah berikut:

psexec.exe -i -s %windir%\system32\mmc.exe /s taskschd.msc

Setelah perintah tersebut kamu masukkan dan kamu klik Enter, maka Task Scheduler akan terbuka dengan ditandai sebuah pesan konfirmasi lisensi, tinggal pilih saja accept untuk melanjutkan.  


Langkah 4. Selanjutnya silahkan kamu navigasi kembali ke Task Scheduler Library > Microsoft > Windows > UpdateOrchestrator. 

Dari sini karena masalah saya disebabkan oleh (Universal orchestrator start) yang mana sempat saya tunjukkan pada gambar 1 diatas. maka dari sini saya cukup klik saja (Universal orchestrator start) > Conditions > dan hilangkah checklist pada "Wake the computer to run this task.". 

Namun karena saya masih penasaran dan mungkin saja masalah belum teratasi, saya juga mematikan opsi Wake the computer to run this task, pada beberapa komponen didalam UpdateOrchestrator, karena bisa saja opsi lain tersebut menjadi masalah yang menghantui saya selama ini. 

*Sekedar catatan, berdasarkan penyelidikan dan investigasi lebih mendalam bisa saja masalah berbeda, dan bahkan di Task Scheduler Library > Microsoft > Windows > UpdateOrchestrator, tidak ada opsi Universal orchestrator start. Jadi mungkin langkah ini kurang bekerja untuk kamu semua. 

*Update 30 Oktober 2020

Jika seandainya masalah belum selesai bahkan dengan beberapa langkah yang sudah saya tulis sebelumnya. Kemungkinan masalah ini adalah bug dari versi Windows 10 tersebut, silahkan kamu update ke versi Windows 10 1909 atau yang lebih baru, karena berdasarkan pengalaman saya, setelah melakukan update setidaknya di versi 1909, masalah sudah menghilang sepenuhnya. 

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada tambahan mungkin akan saya update kedepannya. 

Terima kasih. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Atasi Laptop Nyala Sendiri Dalam Keadaan Sleep"