Cara Atasi Laptop Nyala Sendiri Dalam Keadaan Sleep

Beberapa waktu lalu, laptop saya mengalami sebuah masalah dimana laptop tiba tiba nyala setelah beberapa menit masuk kedalam mode Sleep, meski layar laptop ditutup, dia tiba tiba nyala, dan mesin berjalan layaknya sedang bekerja, tentu saja dengan ini otomatis battery akan terkuras dan laptop jadi panas, terutama jika layar dalam kondisi tertutup. 



Masalah ini saya alami di Windows 10 May 2019 Update, dan sempat beberapa waktu lalu ketika menggunakan Windows 10 1809 masalah ini juga muncul dan menjadi masalah utama laptop saya. Langsung saja, berikut adalah dua langkah yang saya lakukan untuk mengatasi masalah dimana laptop nyala sendiri dalam keadaan sleep dan layar tertutup. 

Perbaiki Lewat Device Manager

Pada langkah ini, dilakukan jika ada beberapa perangkat seperti mouse atau keyboard external yang terhubung dengan laptop, dengan menggunakan langkah ini sukses memperbaiki masalah yang saya alami ketika menggunakan Windows 10 1809. 

1#. Masuk ke Device Manager


2#. Didalam properties, masuk ke Power Management, dan hilangkan ceklis pada Allow this device to wake this computer.


Langsung saja klik ok, dan simpan. Jika masalah masih belum teratasi, silahkan lanjutkan kedalam langkah kedua dibawah ini. 

Perbaiki Lewat Group Policy Editor

Pada langkah ini, kita akan memperbaiki masalah dimana laptop nyala dalam keadaan sleep dikarenakan Windows Update yang mempengaruhi Power Managermen System, berikut langkahnya.

1#. Pertama masuk ke "Group Policy Editor" atau Edit Group Policy. 


2#. Lanjut masuk ke directory " Admininstrative Template > Windows Component > Windows Update > Enabling Windows Update Power Management To Automatically Wake Up bla bla bla. " klik Edit. 


3#. Didalam setting Enabling Windows Update Power Management To Automatically Wake Up tadi, ubah dari Not Configured ke Disabled. Lalu klik Oke dan simpan saja. Setelah selesai, pastikan reboot untuk menyimpan konfigurasi dengan maksimal. 

#Update 23 Juli 2019

Matikan Task Scheduler

Setelah beberapa lama dan setelah update ke Windows 10 1903 May 2019 Update, ternyata laptop saya menjadi menggila kembali, tiba tiba dia selalu bangun ketika saya tertidur. dan setelah beberapa lama, saya ulik kembali, nyari referensi dan lainnya akhirnya masalah ternyata ditemukan juga. 

Langkah cek, apa sih yang bikin laptop nyala sendiri ketika sleep?.
  1. Buka CMD As Admin.
  2. Ketikan "powercfg /waketimers" 

Gambar. 1. Masalah

Pada gambar diatas, bisa dilihat bahwa, yang menjadi masalah pada laptop saya adanya service task scheduler (Universal orchestrator start) yang berjalan otomatis. Namun sayangnya ketika saya mencoba mematikan task scheduler untuk Universal Orchestrator ini, dia tidak bisa, karena tidak memberikan akses untuk kita sebagai pengguna, bahkan jika itu harus masuk ke Admin sekalipun.


Namun kalian bisa mengakalinya dengan menggunakan Tool pihak ketiga bernama PSTools. Pertama download tool nya.


  1. Extract. 
  2. Buka CMD as Admin dan masuk ke directory dimana PSTools diextract.
  3. Masukan perintah berikut di cmd.
psexec.exe -i -s %windir%\system32\mmc.exe /s taskschd.msc
  1. Task Scheduler bakal terbuka dan selanjutnya >
  2. Masuk ke Task Scheduler Library > Microsoft > Windows > UpdateOrchestrator.
  3. Sampai disini, kenali masalah kamu (lihat gambar 1), karena masalah saya disebabkan oleh
    (Universal orchestrator start)
  4. Double Klik yang bermasalah, lalu klik pada conditions, dan hilangkan centang pada Wake the computer to run this task. 
  5. Saya juga mematikan Wake the computer to run this task, pada beberapa komponen didalam UpdateOrchestrator, seperti Backup Scan dan lainnya, karena bisa saja yg lainnya menjadi penyebab bug dan masalah ini.

0 Response to "Cara Atasi Laptop Nyala Sendiri Dalam Keadaan Sleep"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel