Review Singkat Microsoft Edge Chromium Dev! - Masih Beta Tapi...

Setelah sekian lama saya menjajal Microsoft Edge Chromium yang sudah dirilis Microsoft beberapa minggu lalu untuk dicoba pengguna publik, ya meski saat ini masih berstatus beta, yaitu Dev Channel untuk update mingguan, dan Canary Channel untuk update harian, saya lebih memilih menggunakan Dev channel karena menurut saya, update inilah yang paling stabil untuk digunakan sehari hari. 


Dari segi tampilan Microsoft Edge ini hampir sama seperti Google Chrome yang diberikan sedikit gaya dari Microsoft, kedepannya dirumorkan Microsoft Edge ini akan mendapatkan adaptasi dari Fluent Design System ala Windows 10 May 2019 Update. 

Fitur Utama

Fitur utama yang diberikan Microsoft pada browser ini adalah tersedianya Microsoft News, Bing dan Tampilan ala Microsoft yang diberikan secara default ketika browser pertama kali diinstal. 


Halaman awal Microsoft Edge Chromium dilengkapi dengan tampilan ala Microsoft yang Microsoft banget.

Jika halaman tadi digulir kebawah, maka akan tersedia Microsoft News yang bisa disesuaikan dengan Region masing masing, disini saya masih menggunakan Region US.


Tentunya Search engine yang digunakan secara default masih Bing ala Microsoft. Namun kamu bisa mengubahnya di halaman Settings. 

Fitur Chromium Masih Bisa Digunakan

Sampai saat ini fitur kunci Google Chrome, seperti Picture in Picture, Dark Mode, Translate, semuanya bisa digunakan dengan normal, hanya saja untuk beberapa service telah disesuaikan oleh Microsoft dengan mengubah service dari Google ke Microsoft Service, misalkan saja Sinkronsasi Akun, dan fitur Translate. 


Selain itu, Extensi yang didukung untuk browser ini bisa menggunakan extensi langsung dari Microsoft Store, atau mendownloadnya dari Chrome Web Store, dengan mengubah sedikit pengaturan pada halaman setting extensi. 


Performa

Untuk saat ini selama saya menggunakan Microsoft Edge Chromium, jika dibandingkan dengan Google Chrome, maka pemakaian RAM sedikit lebih ringan, dan performanya sedikit lebih baik, bahkan jika membuka banyak Tab, dan bermanuver diinternet semuanya terasa lancar dan ringan. 


Pengalaman Mantap

Selama hampir 1 bulan saya menggunakan browser ini untuk keperluan harian, seperti menulis, streaming, downloading, dan lainnya, tidak ada masalah sama sekali, selain itu, dikarenakan browser ini adalah buatan Microsoft, tentu saja pengalaman dalam menggunakan browser ini akan terasa lebih baik jika digunakan di OS buatannya sendiri. Namun perlu diperhatikan, bahwa untuk saat ini versi browser ini masih belum stabil dan mungkin masih akan ada banyak Bug, jadi jika kamu ingin menggunakan Microsoft Edge Chromium ini, diharapkan untuk bersabar sampai versi Stabilnya dirilis, namun jika udah gak sabar sih langsung aja Download di Link berikut. 

Download Disini

Ingat, resiko jika ada bug dan permasalahan ditanggung masing masing, 😂, kamu bisa langsung aja Report jika ada bug biar membantu developernya. 

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Review Singkat Microsoft Edge Chromium Dev! - Masih Beta Tapi..."

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel