Extensi Visual Studio Code Wajib Buat Para Web Developer!

Sebagai seorang tukang coding, saya lebih sering melakukan development web, dan alat favorit saya untuk melakukan pekerjaan tersebut adalah Visual Studio Code, sebuah tools keluaran Microsoft tercinta. Saya pernah membahas masalah perbandingan Visual Studio Code dengan Sublime Text di artikel berikut: Coding Mendingan Pake VSCode atau Sublime Text?

Gambar Ilustrasi
Nah alasan saya menggunakan VSCode ini, sebenarnya bukan karena dia dikeluarkan oleh Microsoft tercinta, namun karena ada beberapa komponen extensi yang memudahkan saya mengembangkan aplikasi web, dan berikut adalah beberapa extensi yang wajib banget kamu install sebagai web developer. 

Bracket Pair Colorizer

Sebuah extensi yang akan menunjukan dimana awal dan akhir dari sebuah kurung kurawa, dimana akan sangat berguna sekali jika kita menulis program sampai ratusan baris. Kamu bisa melihat screenshot berikut, dimana ada sebuah garis yang menghubungkan antara pembuka dan penutup. 


Indent-Rainbow

Extensi ini sama seperti sebelumnya, dimana akan menunjukan letak awal dan akhir dari sebuah code, kerennya, extensi ini akan sangat berguna sekali ketika melakukan development html dan css. Karena nih biasanya dalam file html suka banyak sekali pembuka dan penutup <div> yang entah itu awal dan akhirnya dimana, dan dengan extensi ini, semua akan merasa dimudahkan, terutama untuk seorang coder yang suka dengan kerapihan. 


Better Comments

Saya suka sekali menyimpan komentar, karena kadang jika code sudah mencapai ratusan saya bingung ini itu fungsi apa, dan untuk mengatasi masalah tersebut, saya menginstal extensi bernama Better Comments, dengan extensi ini kita bisa membuat sebuah komentar unik berwarna sesuai dengan kebutuhan. 


Nah lihat pada gambar diatas, komentarnya beda beda kan, ini tentunya akan sangat berguna untuk memanajemen code jika penulisan sudah sampai ratusan baris.

Auto Close Tag

Extensi ini sangat wajib diinstal bagi kamu seorang front end developer, karena dengan extensi ini, kamu akan dengan mudah menutup sebuah tag pembuka secara otomatis, misalkan kamu membuat <a> maka </a> akan dibuat disebelahnya secara otomatis. Hal ini tentunya akan membantu kamu meminimalisir kekurangan tag penutup pada code yang dibuat. 

Auto Rename Tag

Extensi ini kurang lebih sama seperti sebelumnya, hanya saja fiturnya yang beda, dimana jika sebelumnya itu membuat close tag secara otomatis, sekarang kita bisa merenamenya secara otomatis, jadi misalkan <a> pengen diubah menjadi <p> maka tag akhirnya akan mengikuti sesuai perubahan yang dibuat secara otomatis, sungguh sangat membantu sekali. 

Nah itu dulu saja Extensi Visual Studio Code Wajib Buat Para Web Developer, sebenarnya masih ada beberapa namun akan sangat Panjang sekali jika saya tulis semuanya pada artikel ini, mungkin akan saya buatkan part keduanya dilain waktu. 

Jika kamu memiliki extensi favorit, kamu bisa kasih tau saya dengan tulis extensi favoritmu dikolom komentar dibawah. 

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Extensi Visual Studio Code Wajib Buat Para Web Developer!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel