Avast Dideteksi Sebagai Trojan Horse?

Sebuah kejadian mengejutkan ketika saya mencoba mendownload Offline Installer dari salah satu Antivirus andalan saya dulu, Avast Free Antivirus, yap sebuah antivirus yang saat ini masih nangkring di salah satu jajaran antivirus terbaik via AVTest.

Image : Markus Spiske Via Unsplash
Sebuah kejadian tersebut adalah, dideteksinya Offline installer Avast Free sebagai sebuah Trojan Horse oleh Kaspersky Internet Security. Yap mengejutkan memang, bagaimana tidak? avast sendiri merupakan sebuah Antivirus yang bisa dibilang sangat protektif terhadap virus, jika ada maka avast langsung akan menghapusnya, gak peduli apapun itu. 

Avast adalah Virus?

Bisa dilihat pada gambar diatas, dimana file Avast langsung dideteksi sebagai virus, dan sayapun susah untuk menghapusnya, meski Kaspersky sudah merekomendasikan saya untuk melakukan reboot system, tapi file masih ada dan tentunya malah melambatkan system saya. (Hal ini dikarenakan ketika saya membuka folder yang ada file Instalasi Avast, kaspersky langsung mencoba menghapusnya), dan dengan begitu Kaspersky memakan banyak CPU Usage, namun dia gagal dalam melakukan tugasnya untuk menghapus File Avast. 

Langkah Yang Perlu Dilakukan?

Langkah penting adalah, jika memang file Offline Installer itu adalah sebuah ancaman, maka kita harus segera menghapusnya, jangan sampai dibiarkan ada didalam perangkat kita. Namun jika kasusnya seperti saja, yang mana file Avast gak bisa dihapus karena perangkat jadi lambat jika membuka folder berisi file tersebut gimana? 

Tenang, gunakan Command Prompt, pertama, masuk ke CMD (jangan sebagai Admin), lalu masuk ke Directory File Instalasi Avast tadi, masukan perintah berikut:
del namafileavast.exe
Selanjutnya klik enter, maka file akan dihapus secara paksa. (sesuaikan nama file kamu).

Nah setelah saya menghapus file Instalasi Avast, PC kembali berjalan normal dan gak lemot lagi. Namun tetap saya harus melakukan Full Scanning terhadap system, takutnya ada Virus yang nempel.  


Sekian dan terima kasih... 

0 Response to "Avast Dideteksi Sebagai Trojan Horse?"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel